Advertisement

Fenomena Alam Tidak Biasa, Ada Sungai dengan Aliran Air Berwarna Merah Darah

Lajeng Padmaratri
Kamis, 27 April 2023 - 13:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Fenomena Alam Tidak Biasa, Ada Sungai dengan Aliran Air Berwarna Merah Darah Sungai dengan aliran air berwarna merah di Peru. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, CUSCO—Setiap tahun, pengunjung pegunungan Vilcanota di Kota Cusco, Peru disuguhi fenomena alam yang unik. Di sana, ada sungai mengalir dengan warna merah darah melalui lembah berbatu Cusco yang murni.

Terletak sekitar 100 kilometer dari kota Cusco, di dekat Gunung Pelangi Palcoyo yang terkenal, sungai merah ini dikenal sebagai Palquella Pucamayu oleh penduduk setempat.

Advertisement

Uniknya, sungai itu hanya berwarna merah sekitar 5 kilometer sebelum bercampur dengan aliran lain dan sungai kecil di daerah tersebut kemudian warnanya berubah.

Melansir Oddity Central, waktu terbaik untuk melihat sungai merah secara langsung adalah saat musim hujan (Desember – April), karena warna air dipengaruhi langsung oleh tingkat curah hujan. Hampir sepanjang tahun, Palquella Pucamayu berwarna coklat-lumpur, tetapi selama musim hujan, sejumlah besar tanah yang kaya oksida besi dibawa turun dari pegunungan dan mewarnai air menjadi merah cerah.

Foto dan video sungai merah Cusco telah beredar secara online selama bertahun-tahun, dan meskipun ini adalah fenomena yang terdokumentasi dengan baik, banyak yang masih meragukan keberadaan sungai tersebut. Sementara perangkat lunak seperti Photoshop dan aplikasi pengeditan bertenaga Artificial Intelligence lainnya yang lebih kuat dapat digunakan untuk membuat ilusi yang tampak seperti dunia lain, yang satu ini benar-benar asli.

Musim hujan bukanlah waktu terbaik untuk melakukan perjalanan melalui pegunungan Vilcanota, tetapi jika Anda ingin menyaksikan langsung air merah darah Palquella Pucamayu, tidak ada waktu yang lebih baik lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement