Advertisement

Unik, Ribuan Penduduk Desa Ini Tinggal di Satu Jalan yang Sama

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 28 April 2023 - 14:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik, Ribuan Penduduk Desa Ini Tinggal di Satu Jalan yang Sama Desa Suloszowa di Polandia yang unik karena seluruh penduduk tinggal di satu jalan yang sama. - Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, KRAKOW—Sebuah desa di Polandia dianggap unik karena penataan wilayahnya. Di sana, sekitar 6.000 penduduk mendirikan rumah dan tinggal di jalan yang sama sepanjang 9 kilometer.

Desa bernama Suloszowa yang terletak di Dataran Tinggi Olkuska, kurang dari 30 km barat laut Krakow, Polandia itu viral di media sosial setelah foto dan video yang diambil dari ketinggian menampilkan tata letak desa yang tidak biasa.

Advertisement

Tata letak pemukiman pedesaan itu diatur agar rumah warga hanya menempati kedua sisi jalan tunggal, kemudian mengular melalui ladang pertanian multi-warna sejauh mata memandang. Menurut sensus penduduk setempat pada tahun 2017, setiap satu dari 5.819 penduduk tinggal di jalan yang sama yang membentang lebih dari 9 kilometer.

Desa Sułoszowa sebenarnya telah ada selama bertahun-tahun. Foto udara Sułoszowa awalnya menjadi viral di Polandia pada tahun 2021, tetapi bulan ini sebuah video drone-shot dari desa itu menarik perhatian internasional. Orang-orang kagum dengan tampilan unik desa yang dikelilingi oleh petak-petak tanah pertanian di semua sisinya, serta fakta bahwa setiap orang membangun rumah mereka di sepanjang jalan utama, alih-alih memperluas ke luar.

Tata letak jalan tunggal dan linier Sułoszowa dijuluki 'aneh' oleh outlet berita internasional besar seperti Mail Online dan The Sun , tetapi bagi orang Polandia yang mengomentari situs web berita nasional, itu hanyalah pedesaan khas Polandia.

“Tata letak desa ini normal seperti jalanan tradisional, hanya desanya yang sangat panjang,” komentar satu orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement