Advertisement

Jelang KTT ASEAN 2023, Ini Wisata di Labuan Bajo yang Bisa Anda Kunjungi

Elsa Hayati Sukma
Rabu, 03 Mei 2023 - 21:17 WIB
Maya Herawati
Jelang KTT ASEAN 2023, Ini Wisata di Labuan Bajo yang Bisa Anda Kunjungi Pemandangan dari hotel Ayana Resort, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). JIBI - Feni Freycinetia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Konferensi Tingkat Tinggi negara-negara ASEAN (KTT ASEAN) bakal digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini terkenal dengan wisata alam yang sangat indah. Wisata di Labuan Bajo menjadi impian banyak orang. 

Bagi para wisatawan yang ingin wisata di Labuan Bajo dapat mengunjungi destinasi wisata yang berada di Labuan Bajo dengan tarif yang cukup murah, Anda dapat melihat keindahan alam di Labuan Bajo.

Advertisement

Berikut daftar wisata di Labuan Bajo

1. Pulau Komodo

Pulau komodo merupakan salah satu destinasi yang berada di Labuan Bajo. Pulau ini memiliki daya tarik yang besar karena dapat melihat langsung hewan komodo yang hidup secara liar.

Di pulau komodo ini, Anda dapat melihat kehidupan komodo dengan tiga macam pilihan tracking, yaitu short track, medium track, serta long track. Melalui tiga macam track tersebut Anda dapat melihat komodo sekaligus keindahan alam yang ada di Labuan Bajo.

Berdasarkan informasi resmi Taman Nasional Komodo, untuk memasuki pulau tersebut bagi WNI pada hari Senin-Sabtu sebesar Rp5.000 per orang dan untuk hari Minggu dan libur sebesar Rp7.500 per orang.

Sedangkan untuk WNA yang ingin mengunjungi pulau tersebut akan dikenakan tarif sebesar Rp150.000 per orang untuk Senin-Sabtu dan Rp225.000 per orang untuk Minggu dan libur nasional.

2. Pulau Rinca

Pulau Rinca merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Labuan Bajo, pulau ini tidak terletak jauh dari pulau komodo. Sama seperti pulau komodo pulau ini memiliki keindahan alam yang berada disekitar dengan hewan liar komodo.

Dilansir melalui laman resmi kemenparekraf untuk harga tiket masuk pulau ini sebesar Rp3,75 juta berlaku di pulau yang ditetapkan sebagai wilayah konservasi. Namun untuk harga tiket masuk masih sama dengan pulau komodo sebesar Rp5.000 per orang.

3. Pulau Padar

Pulau Padar terletak tidak jauh dengan pulau rinca, pulau ini hanya dipisahkan oleh selat lintah. Keindahan yang terdapat pada Pulau Padar ini meliputi air laut yang berwarna hijau dan biru serta jajaran pulau kecil-kecil yang indah berwarna hijau.

Untuk menikmati keindahan alam dengan biru nya lautan di Pulau Padar, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000 per orang sama dengan pulau Komodo dan Pulau Rinca Anda sudah dapat melihat keindahan pulau padar.

4. Pink Beach

Pink beach merupakan tempat wisata di Labuan Bajo berupa pantai dengan pasir yang berwarna pink. Warna pink ini berasal dari campuran pasir putih dengan serpihan karang, cangkang serta invertebrata yang berwarna merah. Pantai ini menjadi salah satu destinasi populer yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Untuk memasuki pantai ini cukup tergolong murah untuk wisatawan lokal sebesar Rp10.000 dan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp50.000 sudah dapat menikmati keindahan pantai pasir pink di Labuan Bajo.

5. Wae Rebo

Wae Rebo merupakan desa yang terkenal dengan adat tradisional yang masih melekat serta keindahan pada desa tersebut. Melalui desa ini Anda dapat belajar mengenai budaya dan kisah hidup suku Manggarai di desa Wae Rebo ini. Memiliki budaya yang masih sangat kuat tidak heran jika desa ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mempelajari mengenai budaya tersebut.

Untuk memasuki wisata ini tarif mulai dari Rp250.000 per orang sudah dapat mengenal keindahan alam dan budaya yang ada pada desa Wae Rebo ini.

6. Pulau Kanawa

Pulau kanawa merupakan tempat wisata di Labuan Bajo berupa pulau kecil dengan hamparan bintang laut di sepanjang pantai. Pulau ini menjadi salah satu pulau dengan keindahan laut yang berada di Labuan Bajo. Pulau ini memiliki gradasi warna air laut berwarna biru dengan pondok-pondok kecil di tepi pantai yang dikelilingi oleh rindangnya pohon di sekitar.

Untuk memasuki pulau ini akan dikenakan tarif sebesar Rp100.000 per kapal sudah dapat menikmati indah nya pantai dengan air biru di Labuan Bajo.

7. Desa Tradisional Bena, Bajawa

Selain Wae Rebo yang indah, terdapat juga desa tradisional Bena, Bajawa yang tak kalah menarik. Desa ini disuguhi dengan latar belakang pemandangan gunung inerie yang dapat dinikmati dari puncak desa ini. Selain keindahannya, Anda dapat belajar budaya yang terdapat dalam desa tersebut.

Untuk memasuki desa ini dibanderol murah dengan Rp25.000 per orang sudah dapat menikmati keindahan alam serta belajar mengenai budaya masyarakat desa tersebut. Ada banyak pilihan wisata di Labuan Bajo, Anda tinggal pilih menyesuaikan isi kantong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tingkatkan Daya Saing, Pemkot Jogja Dorong Sertifikasi dan Legalitas Produk UMKM

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement