Advertisement

Anti Klebus! Ini 4 Objek Wisata Indoor di Jogja yang Cocok saat Musim Hujan

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 05 Mei 2023 - 20:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Anti Klebus! Ini 4 Objek Wisata Indoor di Jogja yang Cocok saat Musim Hujan Hani Santana bersama karya-karyanya yang ditampilkan dalam pameran tunggal Segara di Museum Affandi, Jumat (5/11/2021). - Harian Jogja - Galih Eko Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Libur akhir pekan segera tiba. Namun rencana wisata terkadang sirna karena hujan yang tak kunjung reda.

Seperti yang terjadi di Jogja belakangan ini, hujan turun sangat deras hingga menimbulkan genangan di jalanan hingga menganggu arus lalu lintas. 

Advertisement

Saat musim-musim seperti ini, berwisata ke tempat terbuka seperti pantai, pegunungan, atau kebun binatang memang harus dipikirkan dua kali. Darpada terjebak hujan di jalan, sebaiknya perlu dipikirkan ulang lokasi wisatanya.

Namun tak perlu khawatir karena selain wisata outdoor, banyak wisata indoor yang tidak kalah serunya untuk dikunjungi saat musim hujan seperti sekarang. Destinasi indoor juga menyajikan beragam pengalaman seru yang membuat liburan tetap menyenangkan. 

Di Jogja sendiri, banyak destinasi wisata indoor yang sudah populer di telinga wisatawan. Cocok bagi Anda yang ingin berakhir pekan tanpa terhalang hujan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Brush Make Up agar Awet dan Bersih Sempurna

Di mana saja? Berikut ini daftar objek wisatanya: 

1.Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di kawasan wisata Kaliurang. Wisatawan yang datang ke sini akan dibagi ke dalam kelompok dan memasuki museum secara bergantian. Ada pemandu kelompok yang siap menjelaskan benda-benda yang tersimpan di dalam museum itu. 

Museum ini menceritakan kisah pecahnya Mataram yang kini dua kraton yakni Jogja dan Solo. Museum ini mempunyai aturan ketat di mana para wisatawan tidak boleh mengambil gambar atau foto sembarangan. Pemandu akan memberi tahu di lokasi mana saja pengunjung boleh berfoto-foto. 

Benda-benda bersejarah di simpan rapi dalam beberapa bangunan. Sehingga, pengunjung tidak perlu takut kehujanan. 

2. Museum Affandi

Bagi pecinta seni lukis, wisata seni rupa sepertinya bisa jadi pilihan untuk Anda. Saat di luar hujan, berkeliling menikmati lukisan karya pelukis terkenal Indonesia Affandi adalah pilihan yang tepat. 

Jika punya banyak waktu, Anda juga bisa belajar melukis di Studio Sorrandu di museum ini. 

3. Sonobudoyo

Hujan tak menghalangi niat kita untuk belajar budaya. Di Museum Sonobudoyo, Anda tetap bisa menikmati beragam jenis alat musik tradisional hingga jenis batik karena semuanya tersaji di dalam ruangan. 

Lokasinya dekat dengan jantung Kota Jogja, Titik Nol. Setelah puas di Sonobudoyo, Anda bisa bergeser ke utara untuk mengunjungi Malioboro atau ke arah selatan menuju Kraton Jogja. 

4. Monjali

Monjali atau Museum Jogja Kembali di Jalan Ring Road Utara tentu sudah sangat populer di telinga orang Jogja. Museum ini unik karena bentuknya kerucut seperti tumpeng. 

Ada 3 lantai yang bisa dieksplor oleh pengunjung. Masing-masing dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Beragam koleksi seputar perjuangan bangsa Indonesia yang ada di museum ini antara lain relief, replika, foto, dokumen, heraldika, berbagai jenis senjata, bentuk evokatif dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan 1945-1949, hingga tandu dan dokar (kereta kuda) yang pernah dipergunakan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Itulah tempat wisata di Jogja yang bisa kamu kunjungi saat libur akhir pekan besok. Dijamin saat kamu mengunjunginya, kamu tidak bakal basah karena kehujanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Halim Ambil Formulir Pendaftaran Calon Bupati Bantul di Kantor PDIP

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Resep Jangan Ndeso Lombok Ijo Khas Gunungkidul yang Nikmat untuk Disantap

Lifestyle
| Senin, 22 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement