Advertisement

Mumpung Libur dan Cerah, Ini Spot Terbaik Menyaksikan Pemandangan Merapi

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 18 Mei 2023 - 08:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mumpung Libur dan Cerah, Ini Spot Terbaik Menyaksikan Pemandangan Merapi Bukit Klangon di Lereng Merapi. - Harian Jogja/Daffa Firdaus Najati/ST20

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Cuaca di Jogja belakangan ini cerah. Gunung Merapi yang berada di Sleman bagian Utara juga terlihat tampak jelas. 

Mumpung hari ini libur tanggal merah Hari Raya Kenaikan Isa Almasih, Anda bisa memanfaatkannya untuk menyaksikan keelokan panorama Merapi dari dekat. 

Advertisement

Ada spot-spot menarik yang bisa Anda kunjungi untuk bisa hunting foto Merapi atau sekadar mencari tempat healing yang hawanya dingin dan sejuk. 

Berikut ini destinasi wisata yang menyajikan spot terbaik menyaksikan Gunung Merapi dari dekat:

Baca juga: Seluruh Aktivitas di Sungai Lereng Merapi Diminta Berhenti

1. Plunyon

Plunyon merupakan kawasan wisata yang berada di Kalikuning, Cangkringan, Sleman. Tempatnya sejuk karena banyak terdapat pohon-pohon yang menjulang tinggi. Belakangan ini Plunyon banyak diperbincangkan publik setelah menjadi lokasi syuting film horor KKN di Desa penari.

Pluyon juga bisa menjadi spot yang cocok untuk menyaksikan gagahnya Gunung Merapi. Dari Plunyon, wisatawan bisa menikmati pemandangan Merapi secara keseluruhan.

2. Nawang Jagad

Di kawasan wisata Kaliurang tepatnya di sisi barat, ada objek wisata Nawang Jagad. Lokasinya berada di Padukuhan Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Nawang Jagad. Fasilitas yang tersedia di sini adalah camping ground. 

Saat berkemah atau sekadar berwisata di Nawang jagad, wisatawan akan mendapatkan view yang sangat cantik yakni Gunung Merapi yang diapit bukit Turgo di sebelah barat dan bukit Plawangan di sebelah timur. Anda bisa menikmati indahnya panorama itu sembari rebahan di beanbag atau hammock yang disediakan pengelola. Bisa juga menggelar tikar yang dibawa sendiri di hamparan rumput hijau yang ada di situ.

3. Klangon

Dari puncak Merapi, Klangon hanya berjarak 4,2 kilometer. Posisinya di dataran tinggi membuat kawasan ini berhawa dingin, apalagi saat sore tiba dan kabut turun. Jaraknya yang dekat dengan Merapi membuat Anda leluasa untuk menyaksikan panorama gunung aktif di Jawa tersebut.

Tidak hanya itu, hamparan Kota Jogja juga akan terlihat sangat indah dari tempat ini, terlebih saat malam hari. Hamparan lampu akan terlihat jelas dan indah dipandang mata. Klangon juga menyediakan camping ground. Pengunjung juga bisa menikmati minuman jahe khas masyarakat lereng Merapi untuk menghangatkan badan. Gardu pandang yang ada di tempat ini juga bisa menjadi tempat bagi Anda yang ingin melihat pemandangan dari ketinggian. 

4. Kaliadem

Sama dengan Klangon, Kaliadem juga menjadi spot terdekat dengan Gunung Merapi. Hawa adem menusuk tulang saat pengunjung sampai di tempat ini. Saat cuaca cerah, pengunjung bisa berfoto di depan bunker yang ada di bawah tanah dengan latar belakang pemandangan Gunung Merapi yang menjulang tinggi. 

Selain diakses menggunakan kendaraaan pribadi, pengunjung juga bisa memanfaatkan jasa jeeb untuk menuju tempat ini.

Itulah empat spot terbaik menyaksikan keindahan Gunung Merapi. Anda bisa mendatanginya saat libur hari ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Baliho Menjamur di Jalanan Sleman, Lurah Banyurejo Siap Maju di Pilkada 2024

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement