Advertisement

Segar dan Nikmat, Jajal 4 Warung Es Murah di Jogja

Tri Indah Lestari (ST22)
Kamis, 25 Mei 2023 - 16:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Segar dan Nikmat, Jajal 4 Warung Es Murah di Jogja Ilustrasi minuman dingin yang cocok dikonsumsi saat cuaca panas - Frisianflag.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Panasnya Jogja terkadang membuat tenggorokan terasa kering. Jika sudah seperti ini, rasanya paling enak minum minuman dingin seperti es campur, es buah, maupun es coklat. Benar bukan?

Kelezatan perpaduan es dengan buah-buahan atau susu yang dingin dan segar memang pilihan paling pas untuk memuaskan dahaga.

Advertisement

Nah, berbicara seputar es, di Jogja menyediakan beragam pilihan warung es dari yang paling jadul hingga modern. Ada apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Es Moerni 78

Lokasi Es Moerni 78 terletak tidak jauh dari stasiun Lempuyangan tepatnya di Jalan Tukangan N o. 45, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Jogja. Warung es yang telah berdiri sejak tahun 1978 ini menyajikan beragam jenis es jaman dulu yang menggiurkan. Interior ruangan bergaya klasik dan tempo dulu membawa para pengunjung bernostalgia ke masa lalu.

Es teler menjadi es andalan di sini karena berisi potongan alpukat, nangka, kelapa muda, tape hijau, jeli, dan roti tawar dipadukan dengan siraman kuah santan, gula cair, serutan es, dan campuran susu.

Baca juga: Dewa 19 Segera Konser Kolaborasi, Janjikan Ada yang Baru

Aneka es lain seperti es campur, es dawet, es burjo, dan es-es lainnya pun tak kalah nikmat, begitu juga dengan variasi makanannya seperti bistik komplit yang jadi favorit, ada pula lontong opor, nasi bakmoy, gado-gado, dan lainnya. Kedai buka dari pukul 09.00 hingga 20.30 WIB. Harga menunya termasuk terjangkau dibanderol mulai dari Rp9.000 untuk minuman dan Rp15.000 untuk makanan.

2. Es Doger Bang Firman

Cukup berbekal uang Rp12.000 saja kamu bisa mendapat satu gelas es doger berisi ketan hitam, mutiara, agar-agar berpadu dengan santan yang dicampur gula dan susu, tak lupa ditambah potongan roti, sirup, dan susu coklat di atasnya.

Rasa manis, segar, dan nikmat cocok untuk pemuas dahaga saat cuaca panas menerpa Jogja. Tempatnya cukup mudah ditemukan yakni di sebelah utara Balai Yasa tepatnya di Jalan Kusbini, Klitren, Gondokusuman, Yogyakarta.

Untuk menjajal es buatan Bang Firman, kamu bisa datang ke warungnya mulai pukul 09.00 hinggai 17.00 WIB. Namun jangan kecewa jika masih siang es sudah habis.

3. Es Buah PK Pakuningratan

Berlokasi tak jauh dari jantung Jogja atau Tugu Jogja tepatnya di Jalan Pakuningratan No.76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta. Es buah yang digemari warga lokal ini tak perlu diragukan lagi kesegaran dan kenikmatannya.

Semangkuk es buah dengan isian sawo, nanas, nangka, cincau, dan serutan es disiram saus coklat ini hanya dibanderol dengan harga Rp10.000 saja. Selain es buah, bakso PK Pakuningratan ini juga patut dicoba seporsinya hanya Rp15.000 saja.

4. Es Coklat Impian

Senang makan roti lalu dicelup ke segelas susu? Es coklat impian akan menjadi warung es favoritmu. Es coklat yang diolah dari campuran coklat bubuk racikan sendiri dan susu kental manis, membuat rasa coklat terasa begitu dominan.

Tak kalah populer dengan es coklatnya, roti yang juga dibuat langsung di kedai ini sering ludes duluan dibandingkan esnya. Segelas es coklat impian gratis satu roti hanya dihargai mulai dari Rp6.000–Rp16.000 saja tergantung ukuran S, M, atau L.

Lokasinya ada di Jalan Mutiara Nomor 1b, Klitren, Gondokusuman, Yogyakarta namun ada pula cabang lain yang berada di Jakal, Alun-Alun Kidul, dan Bantul. Buka mulai pukul 10.00–22.00 WIB saat hari biasa sementara di akhir pekan kedai sudah buka sejak pukul 07.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM di Sleman, Sabtu 15 Juni 2024, Cek di Sini

Sleman
| Sabtu, 15 Juni 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Niat Puasa Arafah dan Keutamaannya, Bisa Menghapus Dosa Setahun yang Lalu dan yang Akan Datang

Lifestyle
| Sabtu, 15 Juni 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement