Advertisement

Kuliner Unik, Restoran Ini Sajikan Ramen dengan Kutu Laut Raksasa

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 26 Mei 2023 - 22:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Kuliner Unik, Restoran Ini Sajikan Ramen dengan Kutu Laut Raksasa Restoran unik ini punya ramen dengan kutu laut raksasa. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, TAIPEI—Sebuah restoran yang berbasis di Taipei, Taiwan viral karena tambahan kuliner unik terbarunya. Bagaimana tidak, hidangan ramen yang di atasnya diberi kutu laut raksasa tentu menarik perhatian.

Melansir Oddity Central, restoran Ramen Boy di Taipei baru-baru ini mengunggah menu semangkuk ramen dengan topping isopoda Bathynomus giganteus berkaki 14 yang dikukus. Bukan topping biasa seperti daging ayam, sapi, atau boga bahari kebanyakan, restoran itu justru memilih isopoda raksasa yang membuat kuliner unik itu tampak sesuatu dari film Alien.

Advertisement

Bathynomus giganteus atau kutu laut raksasa adalah spesies karnivora yang dapat hidup di kedalaman 7.000 meter dan memakan sisa-sisa makhluk laut lainnya serta biota laut yang bergerak lambat, seperti teripang, spons, dan nematoda. Mereka mulai sebagai parasit, memakan darah dan daging inangnya, tetapi akhirnya tumbuh menjadi pemulung laut yang memakan bangkai.

BACA JUGA: PPDB SMA/SMK 2023, Syarat Zonasi Radius Tak Hanya KK, Simak

Dalam unggahannya di Facebook, restoran ramen itu menggambarkan kutu laut raksasa itu sebagai bahan impian dalam semangkuk ramennya. Isopoda kukus dalam cangkang itu dipadukan dengan ramen kaldu ayam yang halus seperti krim.

Untuk menyiapkan menu itu, juru masak mengeluarkan jeroan perut, menyimpan kelenjar krim untuk dikonsumsi, dan mengukusnya. Rasa daging putih kutu laut raksasa itu konon seperti lobster dan kepiting, sedangkan kelenjar kuningnya manis.

Pemilik restoran Ramen Boy dikabarkan mendapatkan ide untuk hidangan yang tidak biasa ini saat mengunjungi Jepang, di mana dia melihat kutu laut raksasa ini di akuarium. Dia pikir mereka sangat imut pada saat itu, tetapi dia akhirnya memutuskan bahwa mereka akan menjadi bahan yang bagus untuk hidangan ramen eksklusif.

Direbus dalam sup ayam dan disajikan dengan serpihan cumi dan bonito, hidangan ramen unik ini bukan untuk semua orang karena harganya yang mahal. Satu porsi harganya $48 atau setara Rp720 ribu, terlebih karena persediaan kutu laut raksasa yang terbatas. Sehingga hidangan ini hanya tersedia untuk pelanggan setia restoran ramen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ratusan Orang Ikuti Event Lari Demi Bantu Penyintas Kanker

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Jaga Imunitas dengan Mengonsumsi Vitamin D

Lifestyle
| Sabtu, 07 September 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement