Advertisement

Long Weekend di Jogja, Ada Kotabaru Selain Malioboro Lho

Triyo Handoko
Kamis, 01 Juni 2023 - 17:37 WIB
Maya Herawati
Long Weekend di Jogja, Ada Kotabaru Selain Malioboro Lho Gedung di kawasan Kotabaru, Kota Jogja, Kamis (2/3/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Libur panjang akhir pekan alias long weekend saat ini diperkirakan menyedot banyak wisatawan ke Jogja, meski prediksi Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja menyebut tidak akan seramai libur Lebaran.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja Wahyu Hendratmoko mengatakan puncak keramaian long weekend di Jogja diperkirakan terjadi pada Sabtu (3/6/2023). Dispar pun menyiapkan wilayah lain, selain Malioboro untuk memecah konsentrasi wisatawan. Alternatif utamanya adalah kawasan Kotabaru. 

Advertisement

 “Selain menjaga keamanan dan kekondusifan, kami juga mempersiapkan Kotabaru sebagai wilayah baru untuk dapat memecah kunjungan wisatawan di Tugu, Malioboro, dan Kraton,” katanya, Kamis (1/6/2023).

BACA JUGA: Kotabaru Jadi Kawasan Wisata Premium Jogja, Kotagede Wisata Budaya dan Kuliner

Kotabaru pada Juni 2023, lanjut Wahyu, akan diadakan berbagai kegiatan dan program. “Ada drama musikal yang ditampilkan Dimas Diajeng Jogja, selain itu kami sedang menyiapkan kawasan Kotabaru sebagai destinasi cagar budaya,” jelasnya.

Upaya untuk mengangkat Kotabaru, sambung Wahyu, dilakukan dengan berbagai program. “Pada prinsipnya kami ingin siapkan setidaknya Kotabaru memiliki what to see, what to buy, dan what to eat dengan baik,” katanya.

Koordinasi Keamanan

Dispar Kota Jogja juga berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menjaga keamanan dan kekondusifan wilayah. “Sudah kami koordinasikan dengan berbagai pihak utamanya untuk menjaga citra wisata Kota Jogja agar tetap positive dan terus dijadikan destinasi wisatawan luar daerah, terutama soal keamanan dan kekondusifan wilayah,” kata Kamis.

Wahyu menjelaskan mengapa kunjungan wisata libur Panjang akhir pekan awal Juni ini tak seramai Lebaran karena minggu depan ada ujian SMA dan libur Hari Lahir Pancasila juga diwarnai dengan kewajiban upacara. “Prediksi kami tidak seramai Libur lebaran, karena meskipun libur ada berbagai agenda juga. Pantuan sementara petugas di lapangan juga tidak ramai,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Info Stok dan Jadwal Donor Darah Jogja Hari Ini, Senin 29 April 2024

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Kebiasaan-Kebiasaan Ini Membantu Anda Hidup Lebih Gembira

Lifestyle
| Minggu, 28 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement