Advertisement

Jajal Pesona Gunung Ireng Gunungkidul, Spotnya Melamun di Atas Bukit

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 12 Juni 2023 - 08:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jajal Pesona Gunung Ireng Gunungkidul, Spotnya Melamun di Atas Bukit Objek wisata Gunung Ireng di Patuk, Gunungkidul. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak objek wisata yang dapat dikunjungi. Meski terkenal dengan pesona pantainya, Gunungkidul juga punya wisata gunung api purba. 

Salah satu destinasi wisata yang menjadi bagian dari gunung api purba adalah Gunung Ireng. Mengutip website Dinas Pariwisaata Gunungkidul, Gunung Ireng terletak di daerah Pengkok, Patuk, Gunungkidul. Lokasinya dapat ditempuh dari Kota Jogja kurang lebih 1,5 jam.

Advertisement

Secara geologis, gunung ireng merupakan bagian dari gunung api purba pada masa miocene sekitar 5 – 23 tahun yang lalu. Diperkirakan pada saat itu, gunung api tersebut meletus dan kehilangan bentuk aslinya, namun sisa-sisa letusan masih bisa disaksikan sampai saat ini.

Meskipun disebut gunung, sebenarnya tempat wisata ini dapat dikatakan sebuah bukit. Letaknya berada di perbukitan dan puncaknya berupa lahan yang gundul.

Dinamakan gunung ireng karena bebatuan yang ada di sini berwarna gelap dan merupakan bebatuan vulkanis. Tempat ini menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan sunrise dan ketika pagi menjelang hamparan pemandangan hijau akan memanjakan mata pengunjung.

Dalam feed Instagram @merapi_uncover, ditampilkan sebuah video objek wisata Gunung Ireng ini. Terlihat puncak bukit tersebut gundul dan hanya dipenuhi bebatuan hitam. Ada satu gubuk kecil yang bisa dijadikan spot selfie yang cantik. 

Disebutkan bawha harga tiket masuk ke Gunung Ireng hanya Rp5.000 per orang. "Jalan dari parkiran ke puncak ga nyampe 10 menit," tulis @merapi_uncover dikutip harianjogja.com, Minggu.

Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Gunung Ireng, disarankan agar tidak datang terlalu pagi karena tidak ada pencahayaan di puncak. "tipss : kalo kesini jangan pagi2, karna disini gak ada pencahayaan jadi gelap banget. waktu yang pas buat sampe sini itu -+ jam 5.20an ^^," tulis akun tersebut. 

Warganet yang sudah pernah berwisata ke situ mengungkap bahwa Gunung Ireng menjadi spot yang cocok melamun karena suasananya yang tenang, hijau, dan asri. "Spot buat ngelamun paling the best .....," salah satu komentar warganet di Instagram.

Berminat wisata ke Gunung Ireng?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kreatif, Warga di Bantul Ubah Pinggir Pertemuan Sungai Oya dan Sungai Opak Jadi Lokasi Wisata Khusus

Bantul
| Sabtu, 11 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Viral ASI Diolah Jadi Susu Bubuk, Ini Kata Ikatan Dokter Anak Indonesia

Lifestyle
| Jum'at, 10 Mei 2024, 18:42 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement