Advertisement

Kafe di Jogja, Ini 3 Rekomendasi bagi Anda yang Ingin Nuansa Seni

Tri Indah Lestari
Rabu, 28 Juni 2023 - 16:17 WIB
Maya Herawati
Kafe di Jogja, Ini 3 Rekomendasi bagi Anda yang Ingin Nuansa Seni Salah satu sudut di Tiga Roepa Coffee & Gallery. (Instagram tigareopa)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tempat ngopi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tumbuh bak jamur. Jika Anda datang ke Jogja ada beragam jenis tempat ngopi yang bisa dipilih.

Berdasarkan data dari Komunitas Kopi Nusantara di DIY ada sekitar 3.000 kedai kopi pada 2022. Tak heran jika kamu bisa menemukan beraneka rupa dan bentuk kafe dari yang paling biasa hingga tak biasa.

Advertisement

Salah satu yang cukup digemari ialah perpaduan antara kafe dengan seni. Menariknya kafe ini menjadikan satu sudut di kedai untuk memamerkan karya seni bahkan tempat membuatnya. Penasaran ada di mana saja? Simak rekomendasi berikut ini.

  1. Tiga Roepa Coffee & Gallery

Mulai dari masuk ke Tiga Roepa Coffee & Gallery pengunjung akan disambut dengan koleksi tumbuhan nan asrinya. Melengkapi nuansa kedai yang dipenuhi ornamen, furnitur, dan desain arsitektur baik didalam maupun luar ruangan dalam sekejap menarik mata tiap pengunjung yang datang.

Lokasinya tak jauh dari pusat kota tepatnya di Jalan Pandega Marta No.43, Manggung, Caturtunggal, Depok, Sleman. Tak jarang kafe ini mengadakan pameran sederhana yang biasanya bertempat di bangunan rumah kecil tepat sebelum pintu masuk.

Aneka minuman kopi atau non-kopi, kudapan, serta makanannya tak kalah nikmat untuk jadi pemuas dahaga dan lapar. Kedai dapat dikunjungi setiap hari sejak pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

  1. Ruang Buat

Menepi sejenak di pinggir kota sekitar area Jogja selatan tepatnya di Ruang Buat berlokasi di Jalan Kasongan Raya No.69, Beton, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

Selain ngopi atau mencoba Kopi Susu Pisang, yang rasanya hampir serupa soda gembira namun tersaji dalam bentuk kopi, ditemani pemandangan sawah serta karya-karya seni memenuhi area kedai.

Pengunjung bisa pula membuat kreasi entah itu lukisan, keramik, atau sabun selama di Ruang Buat. Selain ketiga kreasi tersebut tak jarang kedai kopi dan seni ini juga membuka kelas seni lain seperti kelas makrame atau mengolah minyak esensial pada hari tertentu atau bisa menyesuaikan keinginan pengunjung.

  1. JNM Bloc

JNM Bloc di bangun dari bekas gedung akademi seni rupa yang kemudian dialih fungsikan menjadi ruang seni, kreatif, dan hiburan. Di atas lahan dengan luas mencapai 1,4 hektare terdapat beberapa ruang seperti Gedung Hamemayu, Ruang pamer, Gedung Patung, dan berbagai ruang lain.

Jadi tak heran jika JNM Bloc sering dijadikan tempat singgah sementara aneka karya seni dan penampilan seni. Apalagi area outdoor dipenuhi bangku-bangku untuk mengobrol ditemani segelas kopi yang bisa didapat dari outlet-outlet seperti Filosofi Kopi dan Kopi Mlaku atau minuman herbal dari Wedank Warisan dan Kyoot Jamu

JNM Bloc dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 di hari biasa dan sejak pukul 08.00-22.00 WIB di akhir pekan. Alamatnya berada di Jalan Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Jogja.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Minggu 19 Mei 2024

Jogja
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Terbaru, Deteksi Kanker dari Protein Darah dapat Diketahui Tujuh Tahun Sebelum Didiagnosa

Lifestyle
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement