Advertisement

Unik, Negara Ini Punya Sungai Parfum yang Wangi

Lajeng Padmaratri
Senin, 31 Juli 2023 - 23:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik, Negara Ini Punya Sungai Parfum yang Wangi Sebuah sungai di Vietnam dijuluki sebagai Sungai Parfum karena aromanya yang wangi. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, HANOI—Sebuah sungai yang melintasi negara Vietnam bisa menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Pasalnya, sungai itu dipercaya mengeluarkan aroma harum sehingga dikenal sebagai Sungai Parfum.

Melansir Vietnamdiscovery.com, kalangan wisatawan meyakini bahwa kunjungan ke Kota Hue, Provinsi Thua Thien Hue, Vietnam tengah, tidak lengkap tanpa tamasya perahu di Sungai Parfum yang lembut. Jika tidak, wisatawan tidak akan bisa merasakan romansa Hue.

Advertisement

BACA JUGA: Perbedaan Eau de Toilette & Eau de Parfum Serta Trik Jaga Wewangian Tetap Awet

Penggambaran itu agaknya cocok ditujukan kepada Sungai Parfum. Sungai yang memiliki nama asli Huong itu merupakan sebuah sungai yang melintasi ibu kota Hue, di provinsi Thua Thien Hue, Vietnam tengah. Sungai Parfum atau Sungai Huong memiliki panjang sekitar 80 kilometer.

Rupanya, nama sungai itu berasal dari fakta bahwa ia mengalir melalui banyak hutan tanaman aromatik sebelum mencapai Hue, sehingga membawa serta aroma tanaman yang murni dan segar.

Sungai Parfum memiliki dua sumber, keduanya dimulai di pegunungan Truong Son dan bertemu di Bang Lang Fork. Ta Trach (Anak Sungai Kiri) berasal dari pegunungan Truong Dong dan mengalir ke barat laut menuju Fork Bang Lang. Huu Trach (Anak Sungai Kanan) yang lebih pendek mengalir melalui feri Tuan, mendarat menuju Bang Lang Fork.

Dari Bang Lang ke muara Thuan An, Sungai Parfum memiliki panjang 30 km dan mengalir sangat lambat karena permukaan sungai tidak jauh di atas permukaan laut. Sungai Parfum menjadi gelap saat berkelok-kelok di sepanjang kaki Gunung Ngoc Tran, rumah dari Kuil Piala Giok, di mana ada jurang yang sangat dalam.

BACA JUGA: Unik, Model Ini Gunakan Keringat Sendiri Sebagai Campuran Aroma Parfum

Karena punya nuansa romantis puitis, Sungai Parfum menjadi inspirasi mendalam bagi banyak seniman, penyair, dan komposer.

Pada musim gugur, bunga-bunga dari perkebunan di hulu dari Hue jatuh ke dalam air, memberikan aroma seperti parfum pada sungai, dan pemandangan puitis yang indah.

Jika berkunjung kesana, jangan lewatkan waktu berperahu di sepanjang sungai. Banyak wisatawan mengakui bahwa sungai ini menjadi lanskap tepi sungai yang paling indah, terutama saat lampu menyala pada malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Kota Jogja Sabtu Ini, 21 September 2024

Jogja
| Sabtu, 21 September 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Dijual dengan Harga Termurah Rp420 Ribu, Tiket Konser Dewa 19 2025 Bisa Dicicil

Lifestyle
| Jum'at, 20 September 2024, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement