Advertisement

Jalur Kereta Ini Dibangun Menembus Gedung Apartemen, Begini Wujudnya

Lajeng Padmaratri
Senin, 04 September 2023 - 18:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Jalur Kereta Ini Dibangun Menembus Gedung Apartemen, Begini Wujudnya Jalur kereta api unik ada di China. Di jalur itu, kereta api melintas menembus dinding. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, CHONGQING—Jalur kereta biasanya berada di kawasan steril yang bebas aktivitas manusia. Namun, jalur kereta berikut ini cukup unik, karena sengaja dibangun menembus gedung.

Di China, ada jalur kereta yang melintasi sebuah apartemen padat penduduk. Bukan hanya melintasi jalan seberangnya, namun jalur kereta itu benar-benar menembus ke dalam sebuah gedung di Chongqing, China.

Advertisement

BACA JUGA: Unik, Negara Ini Punya Stasiun MRT Serba Pink

Kereta penumpang itu tidak hanya melewati bangunan apartemen 19 lantai itu, tetapi juga memiliki pemberhentian transit di sana. Jadi penghuni apartemen tinggal naik ke lantai enam hingga delapan untuk menumpang ke Chongqing Rail Transport No.2 di Stasiun Liziba.

Chongqing dikenal sebagai "Kota Pegunungan" karena banyaknya gedung-gedung tinggi. Kota itu merupakan rumah bagi 49 juta orang dalam wilayah hanya 31.000 mil persegi, sehingga para insinyur perkeretaapian di kota tersebut harus kreatif menemukan cara untuk mengakomodasi semua orang.

Jalur kereta itu sudah dibuka sejak 2004. Kereta ringan itu terkenal sebagai salah satu jalur kereta api paling tenang di China karena desainnya yang bebas asap rokok serta tingkat kebisingan dan getaran yang rendah. Dirancang agar senyap seperti mesin pencuci piring, kereta ini nyaris tidak muncul pada skala audibilitas.

BACA JUGA: Unik! Kereta Api Ini Gunakan Bahan Bakar Sisa Kuah Ramen

Warga juga tidak perlu khawatir dengan polusi suara karena kereta api diperkirakan hanya menghasilkan kebisingan sekitar 60 desibel selama transit.

Juru bicara transportasi kota Yuan Cheng mencatat bahwa kota itu dibangun dengan banyak bangunan, sehingga sulit menemukan ruang untuk jalan raya dan jalur kereta api. “Terkadang tidak ada ruang di permukaan tanah, jadi kami harus memikirkan untuk turun ke bawah, atau ke atas, atau dalam hal ini langsung melewatinya. Orang-orang ingin bepergian dengan cepat di kota secepat ini. Memperluas jalur kereta api dengan cara ini memang sebuah pertaruhan, namun membuahkan hasil,” ujarnya dikutip dari Indiatimes.

Setidaknya itulah yang terjadi di Chongqing, China, di mana sebuah gedung apartemen dibangun dengan kereta api melewatinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Indiatimes

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prangko Seri Penanda Kota Buk Renteng, Jadi Kado HUT Sleman

Sleman
| Kamis, 16 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Atasi Obesitas dengan Rumus Kalori Ini

Lifestyle
| Kamis, 16 Mei 2024, 16:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement