Advertisement

Unik! Ada Kuliner Persilangan Yunani dan Jawa Satu-satunya di Jogja

Sunartono
Jum'at, 06 Oktober 2023 - 17:57 WIB
Sunartono
Unik! Ada Kuliner Persilangan Yunani dan Jawa Satu-satunya di Jogja Salah satu menu Souvlaki. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sepasang suami istri, Nikolas Avgoustinos asal Yunani dan Rika Harjosuwarno asal Jogja sukses membuat beragam racikan persilangan akulturasi menu makanan Jawa dengan Yunani. Ia memberikan dampak positif bagi orang-orang di sekitarnya dalam menjalankan usaha di bidang kuliner.

Karena tak sedikit pelaku usaha kuliner yang berguru kepada keduanya, selama 12 tahun menggeluti usaha tersebut. Mereka meracik resep keluarga dibumbui dengan cerita perjalanan hidup, kehangatan keluarga dan kebersamaan untuk menjadi sajian yang unik dan cocok di lidah lokal. Terbaru, ia membuka sebuah resto yang menyajikan ‘perkawinan’ antara menu Jawa- Yunani dengan istilah Greek Taverna in Java (Restaurant Yunani di Jawa) di Nanggulan, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Kini menjadi salah satu referensi wisata kuliner di Jogja.

Advertisement

BACA JUGA : Kuliner Jogja, Menyantap Udon di Pasar Tradisional

Bernama Halo Niko, resto ini tak sekadar memberikan menu makanan semata. Melainkan ada edukasi di dalamnya. Mulai dari pemilihan bahan baku yang tidak sembarang asal mendapatkan. Melainkan harus mengetahui sumbernya. Hingga pengolahan yang dilakukan satu demi satu setiap porsinya.

“Semua bahan baku kami survei dulu asalnya dari mana, jelas sumbernya, sebagian besar lokal, tetapi ada beberapa bahan dari Yunani. Untuk masaknya pun harus satu per satu meski pun menunya sama,” kata Kika, sapaan akrab  Rika Harjosuwarno, Kamis (5/9/2023).

Resto ini bisa disebut merupakan satu-satunya di Jogja dengan mengangkat persilangan atau akulturasi menu antara Yunani dengan Jawa. Konsep ini bisa diterima lidah wisatawan asing maupun masyarakat lokal Jawa. “Kemungkinan belum ada di Jogja, padahal turis mancanegara di Jogja ini banyak yang dari Eropa,” katanya.

Salah satu contoh menu yang menjadi andalan yang merupakan perpaduan Yunani-Jawa adalah Souvlaki. Merupakan daging yang dibungkus dengan roti pita dan makanan penutup khas Yunani. Uniknya pendamping dari Souvlaki berupa irisan ubi tipis yang digoreng. Kemudian ditambah dengan hummus saus, perpaduan antara tzatziki, youghurt dan timun.

Di berbagai referensi Souvlaki merupakan makanan cepat saji asal Yunani yang terdiri dari potongan kecil dari daging, yang terkadang disertai juga dengan sayuran yang dipanggang dengan tusuk sate. Selain Souvlaki masih ada sejumlah menu lain hasil perpaduan antara Yunani dengan Jawa hasil racikan Miko dan Kika.

BACA JUGA : 52 Stan Kuliner Khas Kotagede Hadir di Pasar Mataram Lawas

“Souvlaki ini sebenarnya disajikan dengan kentang goreng tidak dipisah, tetapi kami menyesuaikan, semua rasa sudah sesuai dengan lidah orang Indonesia. Sebaliknya bule juga cukup bisa menerima,” katanya.

Kika dan Niko memberikan ruang seni di restonya. Setiap sebulan sekali memberikan ruang kepada seniman untuk berkumpul bahkan berjualan . Perdana akan digelar pada Sabtu (7/10/2023) pukul 10.00 WIB. “Namanya handmade market, kami ingin memberikan ruang terhadap karya seni, acara ini gratis bagi yang ikut, namun dikurasi dulu karyanya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kalurahan Sinduharjo Diproyeksikan Jadi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Sleman

Sleman
| Senin, 13 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Orang Tua Wajib Tahu! Ini Dia yang Bisa Memengaruhi Tinggi Badan Anak

Lifestyle
| Senin, 13 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement