Advertisement

Wisata Bantul: Kebun Buah Mangunan, Harga Tiket dan Rute Menuju Lokasi

M148
Sabtu, 07 Oktober 2023 - 21:57 WIB
Sunartono
Wisata Bantul: Kebun Buah Mangunan, Harga Tiket dan Rute Menuju Lokasi Kawasan destinasi wisata Kebun Buah Mangunan. - Sekar Widya Anjari/M148.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kebun Buah Mangunan dikenal sebagai destinasi wisata di Bantul yang banyak didatangi wisatawan karena keindahan alamnya. Kebun Buah Mangunan berlokasi di Jalan Imogiri - Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul.

Berada ketinggian sekitar 200 m dari permukaan laut, membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan yang menakjubkan.

Advertisement

BACA JUGA : Ini Dia Destinasi Wisata di Bantul yang Jadi Langganan 

Dengan waktu tempuh sekitar satu jam dari pusat kota Jogja, membuat Kebun Buah Mangunan menjadi alternatif tempat wisata yang harus didatangi saat akhir pekan. Karena bertempat di atas bukit, wisatawan yang berkunjung harus berhati-hati karena banyak tikungan tajam dan jalan naik turun yang membuat wisatawan terutama pengemudi motor harus mengurangi kecepatan.

Setibanya di sana, wisatawan akan disajikan dengan pemandangan pegunungan dan area spot untuk berfoto. Bahkan tersedia gazebo bagi para wisatawan yang ingin beristirahat.

Seni Gejok Lesung

Selain menyajikan pesona keindahan alam, Kebun Buah Mangunan juga terdapat pertunjukan Seni Gejok Lesung yang diisi oleh kebanyakan ibu-ibu. Pak Tugimin selaku pemain alat musik dalam kesenian itu mengatakan bahwa beliau mengisi acara ini sejak tahun 18. Dengan alat musik utamanya yaitu lesung atau tempat menumbuk padi membuat kesenian ini begitu unik dan beda dari yang lain.

“Gejok lesung ini pada zaman dulu untuk menumbuk padi terus sekarang tidak dipakai lagi, makanya rekan-rekan semuanya ini merintis Seni Gejok Lesung ini,” ucap Pak Tugimin.

BACA JUGA : PAD Pariwisata Baru Tercapai 36,39 Persen

“Adanya kesenian ini cuma untuk menghibur tetapi banyak pengunjung yang ingin bermain bahkan dari luar. Pengunjung ketika berjalan dengar suara musik jadi bisa bergoyang sendiri. Karena pakai lesung jadi mereka penasaran dan tertarik pada kesenian ini,” katanya.

Tidak hanya sebagai hiburan, wisatawan dapat ikut serta dalam kesenian ini dengan memukulkan tongkat yang sudah disediakan ke lesung. Para wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak bisa memainkan karena ada ibu-ibu yang siap membantu. Kesenian Gejok Lesung tidak mematok harga untuk penampilan mereka sehingga wisatawan dapat membayar secara sukarela.

Harga Tiket dan Jam Buka

Jika ingin berkunjung ke Kebun Buah Mangunan, wisatawan dapat membayar tiket sebesar Rp7.000 per orang dan itu sudah termasuk parkir. Buka pada jam 05.00 - 18.00 WIB, wisatawan dapat menyaksikan sunrise jika berkunjung pada pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muncul Perpres tentang KRIS BPJS Kesehatan, Ini yang Dilakukan oleh Dinkes dan RSUD Panembahan Senopati Bantul

Bantul
| Rabu, 15 Mei 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Diet Seimbang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental, Berikut Makanan yang Baik untuk Anda Konsumsi

Lifestyle
| Selasa, 14 Mei 2024, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement