Advertisement

BOB Sunset Run: Berlatar Panorama Indah, Pelari Susuri Pantai Selatan

Media Digital
Sabtu, 21 Oktober 2023 - 18:37 WIB
Sunartono
BOB Sunset Run: Berlatar Panorama Indah, Pelari Susuri Pantai Selatan Ratusan peserta mulai berlari dalam BOB Sunset Run, di The Muara, Baros, Tirtohargo, Kretek, Sabtu (21/10/2023). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Otorita Borobudur (BOB) Sunset Run kembali berlangsung di kawasan pantai selatan Bantul, tepatnya di The Muara, Baros, Tirtohargo, Kretek Sabtu (21/10/2023). Sebanyak 588 peserta mengikuti kompetisi lari yang berlangsung menjelang matahari terbenam ini.

Dirut BOB, Agustin Peranginangin, menjelaskan BOB Sunset Run kali ini sudah keempat kalinya, dengan lokasi yang berbeda-beda. "Kali ini diikuti 588 pelari dari Jawa, Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Jawa Barat," ujarnya.

Advertisement

BACA JUGA : BOB Sunset Run, Sport Tourism Terbesar Digelar di Pantai Baros

Dua kategori dalam BOB Sunset Run kali ini meliputi 5K dan 10K, masing-masing dibagi putra dan putri, dengah cut off time 2 jam. Para peserta mulai berlari pukul 15.45 WIB dan selesai sekira pukul 17.30 WIB, yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah dan hiburan.

Selain berlari, para peserta juga bisa mengikuti Best Outfit dan Best Photo dengan ide sekreatif mungkin. "Ini dalam rangka memperingati Hari Ekonomi Kreatif Nasional yang jatuh pada 24 Oktober," katanya.

Kegiatan ini juga melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di sekitar Kalurahan Tirtohargo, Kretek, untuk membuka stan kuliner dan kerajinan di venue BOB Sunset Run. Tak sampai di situ, event ini juga mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan dengan mengolah sampah.

"Kami mengedepankan Green Tourism. Di dalam kegiatan ini ada edukasi pengelolaan sampah menjadi satu produk yang memiliki ekonomi tinggi. Ada beberapa boot dari Bank Sampah DIY, juga komunitas di Sinduadi yang sudah mengelola sampah dengan baik," katanya.

BOB Sunset Run menjadi salah satu pilihan sport tourism di Jogja. Pada hari yang sama juga berlangsung Jogja Plesiride, yang diikuti 800 peserta, start di Balai Kota Jogja dan mengelilingi Kota Jogja, Sleman, Bantul dan kembali lagi ke Kota Jogja.

BACA JUGA : Badan Otorita Borobudur Bangun Toilet Baru di 3 Desa Wisata

"Sorenya hampir 600 orang yang berlari dalam BOB Sunset Run. Ini luar biasa, di pantai selatan ini satu destinasi yang menyuguhkan panorama alam yang luar biasa menarik. Kita pilih berlari di sore hari, kita ingin mengenalkan di pantai selatan panorama saat sunset itu bagus sekali," ungkapnya.

Dengan lokasi yang berpindah-pindah, BOB Sunset Run ingin mengenalkan berbagai destinasi wisata di kawasan pantai selatan, agar pariwisata tidak terpysat di satu titik saja. "Jogja ini kata, jangan numpuk di satu lokasi sehingga menimbulkan kemacetan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pintu Pilkada 2024 PAN Gunungkidul Hanya Untuk Mahmud Ardi Widanto

Gunungkidul
| Minggu, 19 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Aktivis Asal Ghana Peluk 1.123 Pohon dalam Satu Jam, Ini Tujuannya

Lifestyle
| Minggu, 19 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement