Advertisement

Jadi Solo Traveler Harus Siap Lahir Batin, Ini Tipsnya

Newswire
Jum'at, 24 November 2023 - 18:37 WIB
Maya Herawati
Jadi Solo Traveler Harus Siap Lahir Batin, Ini Tipsnya Solo traveler - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bepergian sendiri atau menjadi solo traveler menjadi tren yang tak pernah surut. Namun ada banyak hal yang perlu Anda siapkan sebelum menjadi solo traveler.

Berikut beberapa tips bagi solo traveler, demi keselamatan dan kesenangan dalam liburan apa pun, yang dilaporkan dari laman Travel Noire, belum lama ini.

Advertisement

Perencanaan Solo Traveler Harus Matang

Salah satu tips percaya diri yang paling efektif untuk solo traveler adalah dengan perencanaan yang matang. Teliti destinasi Anda secara menyeluruh, termasuk budaya, adat istiadat, dan hukum setempat agar merasa nyaman saat tiba. Buat rencana perjalanan yang terperinci, pesan akomodasi dan aktivitas terlebih dahulu, tetapi sisakan ruang untuk spontanitas.

Jadi Solo Traveler Harus Belajar Bahasa Lokal

Meskipun Anda tidak harus fasih, mempelajari beberapa frasa dasar dalam bahasa lokal bisa sangat membantu dalam membangun kepercayaan diri saat menjadi solo traveler.

Penduduk setempat menghargai upaya wisatawan untuk berkomunikasi dalam bahasa mereka, dan hal ini juga dapat membantu Anda dalam situasi darurat. Aplikasi, seperti Duolingo atau Rosetta Stone, berguna untuk mempelajari frasa penting sebelum perjalanan Anda.

Bawaan Solo Traveler Upayakan Ringan dan Ringkas

Mengemas secara berlebihan dapat menyebabkan stres dan ketidaknyamanan yang tidak perlu. Kemasi hanya apa yang benar-benar Anda perlukan dan investasikan pada perlengkapan perjalanan berkualitas.

Ransel atau koper yang tertata rapi dapat membuat navigasi di bandara dan kota menjadi lebih mudah dilakukan. Ingatlah bahwa Anda selalu dapat membeli kebutuhan pokok di tempat tujuan jika diperlukan.

BACA JUGA: Kenaikan Upah Minimum Kabupaten Temanggung Diusulkan Naik Rp82 Ribu

Solo Traveler Harus Tetap Menjaga Kontak

Menjaga kontak dengan teman dan keluarga dapat memberikan rasa aman saat bepergian sendirian. Bagikan rencana perjalanan Anda dengan seseorang yang Anda percayai dan hubungi mereka secara rutin. Di era digital saat ini, sangatlah mudah untuk tetap terhubung melalui aplikasi perpesanan atau media sosial.

Pertimbangkan untuk membeli kartu SIM lokal atau paket telepon internasional untuk memastikan Anda dapat melakukan panggilan jika terjadi keadaan darurat.

Buka Diri untuk Hal Baru

Menjadi solo traveler adalah kesempatan emas untuk keluar dari zona nyaman dan menemukan hal-hal baru tentang diri Anda. Bersikaplah terbuka untuk mencoba makanan baru, menjelajahi gang-gang tersembunyi, dan bertemu penduduk setempat.

Dorong diri untuk melakukan hal-hal yang biasanya tidak Anda lakukan di rumah, misalnya mengikuti kelas memasak, mendaki jalur yang menantang, atau memulai percakapan dengan orang asing.

Solo Traveler Wajib Percaya Pada Naluri

Intuisi Anda adalah alat yang ampuh saat bepergian sendirian. Jika suatu situasi atau seseorang terasa tidak benar, percayalah pada naluri Anda dan menjauhlah darinya karena keselamatan harus selalu menjadi prioritas utama.

Pilih Tempat Tinggal Bersama

Pilih akomodasi, seperti hostel, wisma, atau hotel butik yang mendorong interaksi sosial. Tempat-tempat ini sering mengadakan acara atau memiliki area umum di mana wisatawan dapat terhubung. Mendapatkan teman saat perjalanan meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan teman dalam beraktivitas atau menjelajah sebagai Solo Traveler.

Bergabung dengan Kelompok

Berpartisipasi dalam tur atau aktivitas kelompok adalah cara terbaik untuk bertemu sesama pelancong dan mendapatkan kepercayaan diri di lingkungan baru. Baik itu tur jalan kaki keliling kota, kelas memasak, atau tamasya petualangan, aktivitas kelompok dapat memudahkan Solo Traveler berinteraksi sosial dan menawarkan rasa persahabatan.

Abadikan Kenangan

Mendokumentasikan perjalanan melalui fotografi atau penjurnalan dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri. Ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk merefleksikan pengalaman, tetapi juga memberi jalan keluar yang kreatif.

Menikmati Makan Sendiri

Jangan takut untuk makan sendirian. Makan di restoran lokal adalah cara terbaik untuk membenamkan diri dalam budaya dan menikmati masakan. Bawalah buku atau jurnal untuk menemani para Solo Traveler atau memulai percakapan dengan sesama pengunjung atau staf restoran.

Perhatikan Kesehatan Anda

Menjaga kesehatan fisik dan mental saat bepergian sangat penting untuk membangun kepercayaan diri. Istirahat yang cukup, makan dengan baik dan tetap terhidrasi. Perjalanan menjadi solo traveler bisa melelahkan, jadi dengarkan tubuh Anda dan istirahatlah jika diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rekap suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten Selesai Lebih Cepat dari Jadwal, Ini Kata KPU Bantul

Bantul
| Sabtu, 02 Maret 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lagu Rumah, Ciptaan Salma Salsabil, Viral di YouTube

Lifestyle
| Sabtu, 02 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement