Advertisement

Mulai Diserbu Pengunjung, Berikut Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Objek Wisata Tebing Breksi

Arief Junianto
Senin, 25 Desember 2023 - 21:47 WIB
Arief Junianto
Mulai Diserbu Pengunjung, Berikut Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Objek Wisata Tebing Breksi Tebing Breksi / dok Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Berikut harga tiket dan jam buka objek wisata Tebing Breksi di wilayah Sleman bagian timur.

DIY menawarkan beragam objek wisata, mulai dari wisata alam, budaya, hingga kuliner dan belanja. Salah satunya adalah Tebing Breksi yang terletak di Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Kalurahan Sambirejo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, tepatnya berada di sebelah selatan Candi Prambanan, berdekatan dengan Candi Ijo dan juga kompleks Kraton Ratu Boko.

Advertisement

Sebelum menjadi tempat wisata, Tebing Breksi merupakan tempat penambangan batuan alam yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Di lokasi penambangan terdapat tempat-tempat pemotongan batuan hasil penambangan untuk dijadikan bahan dekorasi bangunan.

Sejak 2014, pemerintah menutup kegiatan penambangan di Tebing Breksi. Penutupan ini berdasarkan hasil kajian yang menyatakan bahwa batuan yang ada di lokasi penambangan ini merupakan batuan yang berasal dari aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran.

Kemudian, lokasi penambangan ini ditetapkan sebagai tempat yang dilindungi dan tidak diperkenankan untuk kegiatan penambangan.

Setelah penutupan aktivitas tambang tersebut, masyarakat setempat mendekorasi lokasi bekas pertambangan ini menjadi destinasi wisata. Pada 30 Mei 2015, akhirnya Sri Sultan HB X meresmikan Tebing Breksi sebagai tempat wisata baru di DIY.

Untuk menuju ke Tebing Breksi, kini aksesnya sudah cukup mudah, terlebih lokasinya berada tak jauh dari jalur utama Prambanan-Piyungan, sekitar 1 kilometer sebelum ke Candi Ijo.

BACA JUGA: Menjelang Libur Nataru, Tebing Breksi Mulai Diserbu Pengunjung

Dari pusat Kota Jogja, Tebing Breksi berjarak sekitar 17 kilometer atau sekitar 30 menit. Meski aksesnya mudah, Anda tetap harus waspada lantaran jalan menuju Tebing Breksi cukup menanjak.

Harga Tiket dan Jam Buka Tebing Breksi

Untuk bisa masuk ke lokasi Tebing Breksi, harga yang harus Anda bayar tidaklah mahal. Bagi Anda wisatawan domestik, cukup membayar tiket masuk seharga Rp10.000 per orang. Sementara bagi wisatawan mancanegara, harga tiketnya Rp20.000 per orang.

Adapun, harga parkir yang diterapkan oleh pengelola Tebing Breksi adalah Rp2.000 untuk sepeda motor; Rp5.000 untuk mobil; Rp15.000 untuk minibus/elf; dan Rp25.000 untuk medium bus dan bus besar.

Sementara untuk jam buka, objek wisata Tebing Breksi buka mulai pukul 07.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo di Mata Tetangga, Low Profile dan Aktif Jadi Pengurus RT

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tips Menjaga Pola Hidup bagi Penderita Glaukoma

Lifestyle
| Sabtu, 27 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement