Advertisement

Ini Daftar Negara yang Dianggap Murah untuk Tujuan Belibur Tahun Ini

Mutiara Nabila
Jum'at, 05 Januari 2024 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Ini Daftar Negara yang Dianggap Murah untuk Tujuan Belibur Tahun Ini Pasar Ben Thanh di Ho Chi Min City Vietnam menjadi salah satu tempat tujuan para wisatawan. - Harian Jogja - Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Liburan keluar negeri dengan anggaran terbatas tetap mungkin dilakukan, hanya perlu memilih tempat yang tepat.

Dari tempat makan termurah hingga transportasi yang hanya mengeluarkan biaya minim. Berikut ini adalah 10 negara termurah untuk dikunjungi tahun ini:

Advertisement

Srilanka

Dengan keanekaragaman satwa yang luar biasa, pantai yang indah, dan kota yang ramai, Sri Lanka memiliki semuanya. Negara ini menawarkan semua hal ini dengan harga yang sangat terjangkau.

Pengeluaran utama jika memilih bepergian ke Sri Lanka adalah tiket pesawat. Namun, saat berada di sana, para pelancong tidak perlu menganggarkan biaya lebih dari US$30 atau sekitar Rp450.000 per hari selama menginap di cabana pantai yang murah dan makan di kafe lokal.

Jika bisa menambahkan sedikit anggaran, bisa digunakan untuk mengunjungi situs terbaik dan paling menarik di Sri Lanka seperti taman nasional, cagar alam, dan situs arkeologi yang dikelola pemerintah.

Banyak wisatawan mengunjungi Sri Lanka khusus untuk melihat gajah. Ini adalah aktivitas hemat yang layak untuk ditambahkan ke daftar kunjungan Anda. Tiket masuk ke penangkaran gajah Pinnawala sebagai pengunjung asing akan dikenakan biaya sekitar US$10 atau sekitar Rp150.000.

Vietnam

Vietnam adalah salah satu negara termurah di dunia untuk dikunjungi, bahkan menurut standar Asia Tenggara, apalagi untuk pengguna dolar AS, euro, dan pound Inggris semuanya memiliki daya beli yang kuat terhadap dong Vietnam.

Berkelilingnya murah, dan Anda dapat terbang antara Kota Ho Chi Minh ke Hanoi dengan biaya sekitar US$25 atau naik bus menggunakan uang receh. Untuk perjalanan dalam kota juga cukup membayar US$0,20-US$2 atau sekitar Rp3.000-Rp30.000 dan US$5-US$30 atau Rp45.000-Rp450.000 untuk perjalanan antarkota.

BACA JUGA: Ini Perkembangan Proyek JJLS Kelok 18, Kejar Target Operasional 2025

Adapun, harga rata-rata hostel berkisar antara US$5-US$15 di Vietnam dan hostelnya jauh lebih bagus dan mewah dibandingkan dengan negara lain di kawasan ini. Jika bukan penggemar hostel, hotel bintang 5 di negara ini pun hanya berharga US$30 per malam terutama jika berkunjung saat musim sepi.

Kolumbia

Kolumbia adalah negara yang menakjubkan untuk dikunjungi dengan anggaran terbatas, dan kedekatannya dengan AS berarti pergi ke Kolumbia pun bisa terjangkau jika Anda mendapatkan tiket pesawat yang tepat.

Anda bisa makan siang di Kolumbia dengan harga lebih murah daripada harga burger di McDonald's. Hidangan tiga menu otentik Kolumbia di restoran lokal akan berharga antara US$3,80- US$6,34 atau sekitar Rp60.000-Rp100.000. Dan begitu banyak aktivitas terbaik di negara ini yang gratis.

Beberapa tempat yang bisa jadi tujuan di antaranya Kota Tua Cartagena, yang merupakan situs Warisan Dunia UNESCO, atau bersantai di pantai di Taman Nasional Tayrona, di mana para pelancong tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

Argentina

Perekonomian yang tidak stabil jadi waktu yang tepat bagi wisatawan beranggaran terbatas untuk mengunjungi Argentina. Anda dapat menghabiskan sedikitnya US$20-25 per hari jika Anda senang tinggal di hostel dan makan murah di restoran lokal. Menginaplah di ibu kota Buenos Aires untuk mendapatkan harga terbaik.

Berkeliling juga mudah dan terjangkau berkat jaringan angkutan umum Argentina yang besar dan ramah anggaran. Ada pula banyak atraksi gratis untuk dinikmati di Buenos Aires, termasuk pusat kebudayaan Usina del Arte, atau menjelajahi arsitektur Cementerio de la Recoleta.

Turki

Lokasi geografis Turki yang unik berarti terletak di Timur dan Barat serta berada di Eropa Tenggara dan Asia Barat.  Hal ini tercermin dalam makanan dan budaya negara tersebut. Turki tidak semurah dulu, namun masih menjadi tujuan liburan yang sangat terjangkau terutama jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya.

Mengunjungi Turki dengan anggaran terbatas masih mudah.  Di Istanbul, Anda harus menghabiskan rata-rata US$144 selama seminggu di kamar asrama asrama.

Makan di sini juga terjangkau untuk budget traveller. Harga makanan sangat rendah, terutama jajanan kaki lima tradisional yang lezat. Manjakan diri dengan kebab Turki seharga sekitar 10 Lira Turki atau sekitar Rp20.000.

Indonesia

Indonesia juga telah terpilih sebagai salah satu negara termurah di Asia Tenggara untuk berwisata, dan semakin jauh Anda keluar dari Bali, semakin terjangkau destinasi yang sudah murah ini.

Mendapatkan makanan murah sangatlah mudah di sini dan Anda akan membayar antara Rp8.000 sampai Rp50.000 untuk makan siang jajanan pinggir jalan yang mengenyangkan.

Anda akan menghabiskan antara $2,50-$20 untuk tempat tidur asrama dan jika Anda lebih suka kamar pribadi maka tingkatkan anggaran Anda menjadi antara $4-$40+ per malam. Jalan-jalan tidak akan menghabiskan banyak uang dan ada banyak hal yang bisa dilihat dan dilakukan tanpa harus membuka dompet Anda sama sekali.

Aktivitas paling populer yaitu bersantai di pantai berpasir putih atau hiking melintasi pemandangan menakjubkan di sini sepenuhnya gratis.

Thailand

Salah satu tujuan paling terkenal bagi wisatawan dengan anggaran terbatas adalah Thailand. Sebuah kamar di wisma dasar akan berharga antara Rp250.000-Rp450.000 per malam. Jika anggaran Anda sangat terbatas dan senang tinggal di kamar asrama di hostel dan makan jajanan pinggir jalan bersama penduduk setempat, maka mudah untuk bepergian ke Thailand hanya dengan US$20 per malam.

Beberapa aktivitas gratis terbaik yang dapat dilakukan di Bangkok termasuk menjelajahi Taman Lumpini, mengikuti kelas meditasi gratis di Wat Mahathat, atau berjalan-jalan di pasar bunga di Kota Tua.

Nepal

Nepal adalah tujuan off-path dengan harga terjangkau. Hal ini terutama berlaku jika Anda berkunjung pada musim sepi pada Maret-April, yang menawarkan cuaca bagus untuk trekking dengan harga terendah.

Nepal adalah negara yang indah dan kaya budaya yang mudah dijelajahi dengan anggaran terbatas, asalkan Anda menghindari tur mahal yang sering disebut-sebut sebagai turis di sini.

Untuk melancong di sini cukup menghabiskan antara US$25-US$30 atau sekitar Rp385.000 sampai Rp450.000 per hari di negara ini. Hal ini mencakup makan jajanan pinggir jalan, tinggal di hostel, dan bepergian dengan transportasi umum.

Guatemala

Guatemala adalah tujuan yang sangat terjangkau bagi wisatawan dengan anggaran terbatas. Biaya rata-rata hostel selama seminggu penuh di Guatemala hanya US$84 atau sekitar Rp1,3 juta.

Dengan makan di kedai jajanan kaki lima terbaik di negara ini alih-alih bersantap mewah di restoran ternama, dibandingkan dengan masa tinggal Anda di Guatemala, biaya melancong di Guatemala akan sangat murah.

Anda juga dapat menghibur diri sendiri tanpa menghabiskan banyak uang. Masuk ke Casa Mima abad ke-17 secara gratis, dan tempat pembuatan bir Cervecería Centroamericana yang terkenal juga menawarkan tur gratis.

Rata-rata wisatawan menghabiskan US$48 atau sekitar Rp750.000 per hari ketika mereka berada di Guatemala, namun Anda dapat memotongnya setengahnya jika Anda bisa mengelola.

Bulgaria

Banyak pelancong dengan anggaran terbatas menghindari Eropa, namun mengunjungi destinasi yang kaya dan menarik secara budaya ini bisa dilakukan dengan biaya yang sangat murah. Bulgaria adalah negara termurah untuk dikunjungi di Eropa.  Misalnya, Anda dapat membeli segelas bir atau anggur hanya dengan US$1,50 atau sekitar Rp25.000 sehingga tidak akan menghabiskan banyak uang.

Adapun, aspek perjalanan termurah di Bulgaria adalah transportasi. Dengan naik bus melintasi Sofia hanya dengan biaya 90 sen atau Rp14.000, Anda dapat menjelajahi seluruh negeri dengan biaya lebih murah daripada yang biasanya Anda keluarkan untuk membeli bensin. (Sumber: Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Regenerasi Koreografer, Kundha Kabudayan Sleman Gelar Lomba Cipta Tari DI MGM

Sleman
| Sabtu, 27 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Waspada! Perempuan Lebih Berisiko Terkena Diabetes Dibandingkan Laki-Laki

Lifestyle
| Sabtu, 27 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement