Advertisement

Glodok Jadi Daftar Wajib Kunjung saat Liburan Imlek 2024, Cek Spot Menariknya

Newswire
Sabtu, 10 Februari 2024 - 17:07 WIB
Maya Herawati
Glodok Jadi Daftar Wajib Kunjung saat Liburan Imlek 2024, Cek Spot Menariknya Gapura kawasan Glodok di Jakarta Utara, Jumat(9/2/2024). - Antara - Vinny Shoffa Salma

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Libur di Tahun Baru China alias Imlek biasanya dirayakan oleh warga keturunan Tionghoa, pada Sabtu (10/2/2024) dan diisi dengan aneka kegiatan seperti sembahyang dan berkumpul bersama keluarga.

Bagi warga yang tidak merayakan Imlek, hari libur ini juga bisa diisi dengan kegiatan berwisata mengunjungi lokasi kuliner atau pasar lama seperti kawasan Glodok, Jakarta. Berikut rekomendasi tempat seru di kawasan Glodok yang dapat Anda coba kunjungi bersama teman atau keluarga saat libur Imlek.

Advertisement

Wisata kuliner di Petak Enam

Kawasan Petak Enam menjadi salah satu destinasi kuliner favorit masyarakat saat berkunjung ke Glodok. Terletak di dekat Pasar Glodok, pengunjung dapat dengan mudah menemukannya karena lokasi Petak Enam tidak terlalu jauh dari jalan besar.

“Di sini daerah yang banyak merayakan Imlek, jadi suasananya kita mau merasakan juga,” kata Erna, salah satu pengunjung asal Bekasi saat ditemui di Petak Enam pada Jumat siang.

Di sini, pengunjung dapat memilih berbagai makanan dan minuman, mulai dari makanan khas Tionghoa hingga modern. Harganya pun bervariasi, tergantung dari toko dan jenis makanan atau minuman yang dipesan.

Jika ingin menikmati makanan berat dan camilan sekaligus, salah satu tempat yang dapat dicoba adalah Kedai Kokoho. Toko makanan yang terletak tidak jauh dari pintu masuk Petak Enam ini menyediakan ragam nasi goreng, mi goreng, hingga roti bakar dengan harga mulai dari puluhan ribu saja. Selain itu, ada juga toko Wo Ai Pao yang menyediakan roti bakar khas Taiwan dan deretan minuman segar dengan harga terjangkau.

Namun, sebaiknya segera cari tempat duduk untuk menikmati makanan-makanan tersebut karena keterbatasan meja dan kursi di dalam. Dalam kondisi ramai, kemungkinan pengunjung harus menikmati kuliner mereka di luar area Petak Enam karena sulitnya menemukan meja dan kursi kosong.

Belanja Aksesori

Kawasan Glodok menjadi salah satu surga kuliner dan aksesori khas Imlek maupun perlengkapan sembahyang umat Konghucu dan Buddha. Oleh sebab itu, tidak lengkap rasanya jika tidak berburu aksesori atau dekorasi Imlek menarik di sana.

Di sepanjang kawasan Glodok, pengunjung dapat memilih kios atau tenda penjual yang menjajakan berbagai pernik khas Imlek. Mulai dari cheongsam (baju tradisional masyarakat Tionghoa), perlengkapan sembahyang, hingga dekorasi Imlek dapat dibeli dengan harga relatif miring di sini.

Aci, salah satu pengunjung asal Bogor mengaku senang berbelanja di kawasan Glodok. Selain harganya yang relatif murah (mulai dari belasan ribu hingga jutaan Rupiah), pilihan perlengkapan Imlek yang dicarinya pun beragam. “Suka di sini, lengkap sama lumayan murah. Apalagi buat persiapan Imlek besok,” kata Aci.

Bersantai di Djauw Coffee

Saat sudah lelah mengitari kawasan Glodok untuk berbelanja, pengunjung dapat berhenti sejenak di Djauw Coffee. Djauw Coffee merupakan kafe kopi dengan gaya retro yang terletak tidak jauh dari Pasar Glodok.

Di sini, pengunjung dapat menikmati ragam pilihan kopi, minuman non kopi, dan camilan yang cukup lezat. Mulai dari kopi hitam, donat kentang, teh leci, dan pilihan menu lainnya.

Malik, salah satu pengunjung asal Jakarta Utara mengatakan senang dapat mengunjungi kedai kecil ini. Menurutnya, Djauw Coffee cocok disinggahi saat ingin bersantai sejenak atau berkumpul dengan teman.

“Tadi capek muter-muter (di sekitar Glodok), terus mampir ke sini. Enak, harganya lumayan lah,” katanya. Harga menu di Djauw Coffe beragam, mulai dari Rp12.000u untuk kue lupis sampai Rp30 ribu untuk menu-menu lainnya.

BACA JUGA: Logistik Pemilu di Gunungkidul Mulai Didistribusikan

Mengasah Kreativitas di Petak Enam

Tidak hanya menyajikan ragam kuliner menggugah selera, di sini pengunjung juga dapat mencoba aktivitas melukis gambar di lantai dua Petak Enam. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp60 ribu dan sudah termasuk cat serta kuas untuk melukis.

Gambar-gambar tersebut dapat dipilih sesuai selera karena tersedia dalam berbagai motif, mulai dari kartun Doraemon hingga karakter menggemaskan lainnya. Menurut penjaga aktivitas melukis di sana, pengunjung dapat bebas memilih warna cat dan durasi melukis sesuai keinginan. Nantinya, hasil lukisan mereka dapat dibawa pulang setelah dikeringkan.

Pecinan Lama

Jika malas berbelanja, pengunjung dapat menikmati keramaian Pecinan lama di sekitar kawasan Glodok. Suasana lawas dan ramai di sana terasa menarik untuk dicoba. Dengan menyusuri lorong kawasan Glodok atau sekadar melihat-lihat bangunan tua di sana, niscaya pengunjung tetap dapat merasakan keseruan kawasan Glodok.

Saat berkunjung ke kawasan ini, jangan lupa untuk memakai topi, kaca mata hitam, payung, atau alat pelindung lainnya agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Kawasan Glodok terhitung cukup panas, sehingga perlindungan diri dari sinar matahari wajib dilakukan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

JogjaVaganza Hadirkan Sejumlah Paket Wisata Baru, Ini Detailnya

Jogja
| Selasa, 27 Februari 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Fesyen Bahan Daur Ulang Sampah Kain dan Serat Alam Jadi Tren di JFP 2024

Lifestyle
| Senin, 26 Februari 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement