Advertisement

Pelancong Masuk ke Thailand Diwajibkan Bawa Uang Tunai Minimal Rp6,7 Juta

Erta Darwati
Jum'at, 23 Februari 2024 - 17:07 WIB
Maya Herawati
Pelancong Masuk ke Thailand Diwajibkan Bawa Uang Tunai Minimal Rp6,7 Juta Paspor, visa - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Keimigrasian Thailand saat ini menerapkan aturan ketat bagi warga asing yang masuk ke wilayahnya. Syarat utama yang harus dipenuhi selain paspor  adalah membawa uang tunai minimal Rp6,5 juta per orang.

Syarat tersebut diterapkan bagi WNA yang melakukan kunjungan singkat dengan bebas visa ke Thailand sebagai bukti kemampuan finansial untuk menunjang hidup selama berada di Thailand.

Advertisement

"Berdasarkan sumber terbuka, dianjurkan minimal membawa uang tunai THB 15.000-20.000 bath per orang [sekitar Rp6,5–8,7 juta]," tulis KBRI Bangkok di akun Instagram @Indonesianbangkok.

Adapun bagi WNA yang akan ke Thailand juga harus memiliki masa berlaku paspor minimal 6 bulan, bukti return ticket atau tiket lanjutan ke negara tujuan lain, dan bukti pemesanan akomodasi atau hotel selama berada di Thailand.

Sementara itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok juga telah mengingatkan bahwa sesuai dengan Immigration Act B.E. 2522 (1979), pemberian izin atau penolakan masuk WNA ke wilayah Thailand adalah wewenang penuh dari petugas Imigrasi Thailand.

BACA JUGA: Maret Petani Bantul Mulai Panen Padi Masa Tanam Pertama 2024

Adapun KBRI Bangkok memberikan imbauan kepada WNI yang akan ke Thailand itu setelah semakin seringnya pengaduan dari WNI yang tidak diperkenankan untuk memasuki Thailand.

"Sebagai informasi tambahan, imbauan ini dikeluarkan mengingat semakin seringnya KBRI Bangkok menerima pengaduan WNI yang tidak diperkenankan masuk ke Thailand," lanjutnya.

Pihaknya mengatakan jika ada WNI yang butuh bantuan kekonsuleran untuk bisa memasuki Thailand, maka dipersilahkan untuk menghubungi hotline KBRI Bangkok yaitu +66 92 903 1103. Seperti diketahui, berdasarkan ketentuan Imigrasi Thailand bahwa WNA yang melakukan kunjungan ke Thailand diharuskan menunjukkan bukti kemampuan finansial untuk menunjang hidup di Thailand. (Sumber: Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muncul Poster Ancaman Siksa Kubur bagi Pembuang Sampah Sembarangan, Ini Penjelasan DLH Bantul

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement