Advertisement

Unik, Pepohonan di Tempat Ini Tumbuh ke Samping, Bukan ke Atas

Lajeng Padmaratri
Minggu, 24 Maret 2024 - 13:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik, Pepohonan di Tempat Ini Tumbuh ke Samping, Bukan ke Atas Pohon di Slope Point tumbuh ke samping, bukan ke atas. - Science Alert

Advertisement

Harianjogja.com, WELLINGTON—Slope Point adalah tempat paling selatan di Selandia Baru. Tempat ini tidak seperti tempat lain di dunia, karena pepohonannya tumbuh menyamping.

Slope Point terletak di atas tebing terjal yang mengarah ke laut. Di sana, angin dingin menerpa udara dan menerjang tanah dengan ganas. Saking ganasnya, sehingga angin kencang membuat pepohonan tumbuh dengan cara yang aneh.

Advertisement

BACA JUGA: Rumah Ini Lebarnya Hanya 1 Meter, Rupanya Dibangun karena Dendam pada Tetangga

Spesiesnya sendiri tidak terlalu berbeda dengan spesies yang bisa ditemukan di tempat lain di pulau ini. Namun di lokasi khusus ini, pepohonan akhirnya tumbuh menyamping dan bukan ke atas. Pohonnya membungkuk pada sudut yang ganjil, sementara cabang-cabangnya seolah ditata secara permanen seperti potongan rambut tebal yang tertiup angin.

Dilansir dari Atlas Obscura, pohon yang tumbuh menyamping itu karena diterpa angin yang berhembus teramat kencang dari Samudera Antartika. Pepohonan kesulitan menahan pukulan terberat dari serangan angin, menyebabkan pohon-pohon tersebut membelok ke utara.

Karena letaknya yang jauh di selatan, Slope Point mengalami angin kencang sepanjang hari, setiap hari. Dikutip dari Science Alert, hal ini karena letaknya sekitar 4.803 kilometer (2.984 mil) dari Kutub Selatan dan 5.140 kilometer (3.193 mil) di bawah garis khatulistiwa.

BACA JUGA: Ada Taman Bermain Gantung Setinggi 200 Meter di China, Warganet Pertanyakan Keamanannya

Lokasinya di garis lintang -46,6601 derajat, yang artinya angin Antartika dapat menempuh jarak penuh 3.218 kilometer (2.000 mil) tanpa gangguan sebelum menghantamnya, sehingga menyebabkan aliran angin yang konstan dan tak terhindarkan.

Berkat semua angin itu, pohon-pohon yang ditanam oleh para peternak domba untuk memberikan perlindungan bagi ternak mereka, tumbuh bengkok dan menyamping dengan cara yang benar-benar unik di Slope Point. Selain domba-domba, kawasan itu jarang dihuni manusia karena anginnya yang teramat kencang.

Slope Point adalah tempat yang indah untuk dikunjungi saat berwisata di Selandia Baru. Selain pohon yang tumbuh dengan aneh, padang rumput hijau yang membentang dan mengarah ke tebing berbatu juga menarik untuk dijelajahi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Atlas Obscura, Science Alert

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Anggota DPR RI Sebut Perlu Ada Honor untuk Pengambil Sampah Rumah Tangga di Jogja

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement