Advertisement

Menyeruput Manis dan Segarnya Es Buah Legendaris di Jogja

Sirojul Khafid
Sabtu, 30 Maret 2024 - 07:27 WIB
Sunartono
Menyeruput Manis dan Segarnya Es Buah Legendaris di Jogja Es buah. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Misal berbuka puasa perlu mengonsumsi makanan yang manis, maka es buah salah satu pilihan populer masyarakat. Rasa manis bisa didapat dari banyak jenis buahnya, atau bahkan campuran kuahnya.

Rasa manis bisa menjadi ‘pemanasan’ tubuh saat berbuka puasa. Sehingga tubuh bisa menyesuaikan diri, sebelum nantinya mengonsumsi makanan berat macam nasi padang atau nasi rames. Namun tidak sembarang manis, perlu menggunakan sumber makanan yang sehat pula.

Advertisement

Agar mendapat semua kebaikan puasa dan juga tubuh, mengawali buka puasa dengan es buah bukan pilihan yang buruk. Justru vitamin yang ada di berbagai jenis buah bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Apalagi buah tersebut dipadukan dengan campuran seperti susu dan ketan.

Minum dan makan yang segar-segar bisa menjadi hadiah untuk tubuh setelah seharian berpuasa. Berikut rekomendasi es buah di Jogja.

Es Buah Gerjen Kraton Jogja

Es buah ini sudah cukup legendaris. Mereka berjualan pertama kalinya pada 1985. Dalam menyajikan makanan dan minumannya, Es Buah Gerjen Kraton Jogja tidak menggunakan pemanis buatan. Sehingga anak-anak sampai lansia, terlebih yang punya penyakit gula, bisa aman pesta kuliner di sini.

Pengunjung perlu bersiap-siap untuk lesehan atau duduk sekenanya. Di sini, tidak banyak ruang untuk makan seperti meja dan kursi lengkap. Untuk satu porsi es buah, harganya Rp10.000. Es Buah Gerjen Kraton Jogja beralamat di Jalan Nyai Ahmad Dahlan Nomor 58-62, Notoprajan, Ngampilan, Kota Jogja. Jam operasional mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB.

Es Buah PK Pakuningratan

Apabila Es Buah Gerjen Kraton Jogja legendaris, maka Es Buah PK Pakuningratan lebih legendaris lagi. Mereka sudah berjualan sejak 1973. Bertahannya penjualan bisa jadi karena rasa makanan yang enak dan konsisten sampai hari ini. Tidak hanya es buah, di sini pengunjung juga bisa memesan bakso. Dua-duanya sama-sama enak, tentunya subjektif.

Seporsi es buah seharga Rp10.000. Satu mangkuk isinya seperti potongan alpukat, nanas, kelapa muda, sampai nangka. Es Buah PK Pakuningratan berada di Jalan Pakuningratan Nomor 76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja. Jam operasionalnya mulai pukul 10.00 sampai 18.00 WIB.

Es Buah Moerni 78

Berbeda dari kedua es buah sebelumnya yang harganya berkisar Rp10.000, di sini, konsumen perlu merogoh saku lebih dalam. Harga seporsi es buah sekitar Rp18.000. Dengan harga itu, konsumen bisa menikmati sajian yang segar dan lezat berupa es buah.

Dalam satu mangkuk es buah, isinya berupa melon, anggur, apel, pir, dan masih banyak lainnya. Kuah es buahnya kental dan creamy. Tekstur yang cocok dikonsumsi bersama sepiring bistik khas Moerni 78 yang dikenal mengenyangkan. 

Tidak kalah dengan kedua rekomendasi sebelumnya, warung ini juga sudah beroperasi sejak 1978, seperti embel-embel di belakang namanya. Alamat Es Buah Moerni 78 berada di Jalan Tukangan Nomor 45, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Jogja. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00 sampai 20.15 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sejumlah Ruas Jalan di Kota Jogja Mengalami Perlambatan Arus, Begini Strategi Kepolisian

Jogja
| Sabtu, 13 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Ikan Sarden sampai Teri Efektif Cegah 750 ribu Kematian pada 2050

Lifestyle
| Sabtu, 13 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement