Advertisement

Berkeliling di Segarnya Taman Tengah Kota Jogja

Sirojul Khafid
Sabtu, 30 Maret 2024 - 08:37 WIB
Sunartono
Berkeliling di Segarnya Taman Tengah Kota Jogja Foto ilustrasi taman. - Instagram.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berjalan-jalan santai di taman bisa bermanfaat untuk refreshing sekaligus menghabiskan waktu menunggu buka puasa. Di samping sehat, ruang terbuka yang lebar bisa menjadi ruang bermain bersama keluarga atau sahabat.

Memang selama puasa, ada rekomendasi untuk menurunkan intensitas berolahraga. Namun bukan berarti tidak berolahraga sama sekali. Kita perlu memilih jenis olahraga yang ringan, namun tetap efektif. Salah satu jenisnya berupa jalan-jalan santai di sore hari.

Advertisement

Jalan dalam jumlah langkah tertentu bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Belum lagi udara yang segar, yang bisa membuat sistem pernapasan kita terasa lebih nyaman. Bermain di taman bersama keluarga atau sahabat bisa menjadi cara ampuh menghabiskan waktu.

Kita bisa mengobrol sambil berjalan, atau duduk-duduk sampai menikmati pemandangan. Berikut rekomendasi taman di Jogja.

Taman Kearifan UGM

Taman Kearifan UGM berada di dalam area kampus UGM. Di taman ini, terdapat area terbuka hijau yang masih memiliki banyak jenis pepohonan besar. Adapula danau serta jalanan panjang untuk lintasan jogging. Tidak ketinggalan, terdapat terowongan ikonis sebagai penghubung wilayah Utara dan Selatan taman.

Saat awal pembangunan, Taman Kearifan UGM menjadi ruang untuk penelitian dan juga konservasi. Danau di dalamnya juga menjadi fasilitas pencegah banjir. Beberapa fasilitas lain berupa area bercocok tanam perkotaan, aneka fasilitas rekreasi, ruang rapat dan restoran, serta sistem air siap minum.

Masyarakat umum bisa mengakses tempat ini dengan bebas dan gratis. Taman Kearifan UGM beralamat di Jalan Prof. DR. Drs Notonagoro, Karang Malang, Caturtunggal, Sleman. Dari pusat Kota Jogja, jaraknya sekitar 3,2 kilometer atau 10 menit berkendara dengan mobil.

Taman Budaya Embung Giwangan

Taman Budaya Embung Giwangan baru tahun ini resmi selesai pembangunannya. Dari yang awalnya hanya embung, kini sudah tersedia banyak fasilitas penunjang. Salah satunya gedung ala bangunan kuno Eropa, yang menjadi galeri berbagai produk seni budaya.

Terdapat pula ruang pameran dan meeting. Serta tidak ketinggalan, ada panggung terbuka atau Amphitheater berkapasitas 500 penonton. Taman Budaya Embung Giwangan dengan luas keseluruhan 3,5 hektar bisa masyarakat gunakan untuk berjalan-jalan dan berbelanja. Ada unsur lengkap dari tanah, batu, dan air.

Dalam momen-momen khusus, akan banyak acara yang berlangsung di tempat baru ini. Taman Budaya Embung Giwangan berada di Jalan Tegalturi Nomor 54, Giwangan Umbulharjo, Kota Jogja. Dari pusat Kota Jogja, jaraknya sekitar 6 kilometer atau 18 menit berkendara dengan mobil.

Taman Randu Alas UNY

Satu lagi taman yang berada dekat kampus. Bagi masyarakat yang ingin ke Taman Randu Alas UNY, bisa melalui pintu gerbang utama UNY atau dari jalan kecil samping perpustakaan pusat. Taman ini terlihat dari sekitar Jalan Colombo.

Setelah ada pemugaran, terdapat undak-undak, yang di dalamnya tersedia petak-petak. Petak-petak taman yang tersebar di beberapa lokasi bisa menjadi ruang untuk berdiskusi, olahraga ringan, rapat, atau sekadar duduk-duduk santai.

Bagi yang membawa laptop untuk sembari mengerjakan tugas, tersedia stop kontak sebagai sumber aliran listrik. Taman Randu UNY berlokasi di Jalan Malang, Caturtunggal, Depok, Sleman. Taman ini buka 24 jam. Dari pusat Kota Jogja, jaraknya sekitar 4 kilometer atau 12 menit berkendara dengan mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ketua PHBI Tamanan Sibuk Urusi Malam Takbiran, Tak Sempat Diskusikan Teks Khotbah Khotib

Bantul
| Sabtu, 13 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Ikan Sarden sampai Teri Efektif Cegah 750 ribu Kematian pada 2050

Lifestyle
| Sabtu, 13 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement