Advertisement

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Sirojul Khafid
Sabtu, 20 April 2024 - 07:47 WIB
Sunartono
Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja Sup kacang merah. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Segudang manfaat bisa didapatkan dengan mengonsumsi kacang merah. Kacang merah makin nikmat ketika bisa tersaji dalam bentuk sup.

Setidaknya ada enam manfaat bagi tubuh yang mengonsumsi kacang merah. Kacang merah bisa mencegah obesitas. Makanan ini cocok untuk orang yang juga sedang ingin diet. Kacang merah kaya akan serat yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga mampu mengurangi asupan kalori dan mencegah makan berlebihan.

Advertisement

Manfaat lain berupa menjaga kesehatan pencernaan. Serat dan zat pati resisten yang terkandung di dalam kacang merah dapat berperan sebagai prebiotic, yang bisa mendorong pertumbuhan bakteri baik dan melawan bakteri berbahaya di dalam usus. Jumlah bakteri baik yang seimbang di dalam usus mampu mencegah munculnya gangguan pencernaan.

BACA JUGA : Restoran Ini Pekerjakan Lansia Penderita Demensia Jadi Pramusaji, Ternyata Punya Misi Khusus

Di samping itu, kacang merah juga bisa mengontrol kadar gula darah. Kacang merah memiliki indeks glikemik rendah, sehingga mampu mengendalikan kadar gula darah, sekaligus meningkatkan efektivitas kerja insulin di dalam dalam tubuh penderita diabetes tipe 2. Manfaat lainnya seperti menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, dan memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Bagi yang ingin mendapatkan menu kacang merah, terutama dalam bentuk sup, berikut tiga rekomendasinya di Jogja.

Bale Raos

Menu Sup Kacang Merah ada di Bale Raos The Sultan's Dishes. Sup Kacang Merah bersanding dengan menu hidangan lain kesukaan Sri Sultan HB VIII hingga Sri Sultan HB X. Bale Raos merupakan tempat makan inisiasi dari KGPH Hadiwinoto, dalam merealisasikan ide GKR Hermas.

Bale Raos The Sultan's Dishes ingin mengenalkan aneka hidangan khas Kraton Jogja kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Harga untuk Sup Kacang Merah sekitar Rp32.500.

Bale Raos The Sultan's Dishes beralamat di Jalan Magangan Kulon Nomor 1, Panembahan, Kraton, Kota Jogja. Letaknya berada di jantung kota, dekat dengan objek wisata Taman Sari ataupun Kraton Jogja. Jam operasional mulai dari 10.00 hingga 22.00 WIB.

Kedai Kebun

Di Kedai Kebun, menu makanannya bisa berbeda setiap harinya. Kalau kamu beruntung, maka bisa menemui menu Sup Kacang Merah. Bentuknya mirip dengan sup pada umumnya, namun memiliki isian yang sedikit berbeda.

Dalam semangkuk Sup Kacang Merah di sini, terdapat kacang merah, wortel, buncis, dan potongan daging sapi. Pemasakan dalam jangka waktu hingga berjam-jam, sehingga menjadikan sup menjadi lebih empuk. Kuahnya berwarna merah gelap lantaran efek dari kacangnya yang dimasak lama. Rasanya Sup Kacang Merah terasa gurih dan sedikit manis.

Harga Sup Kacang Merah di Kedai Kebun sekitar Rp25.000. Isinya seporsi sup dan nasi putih. Warung ini beralamat di Jalan Tirtodipuran No. 3, Mantrijeron, Kota Jogja. Jam operasional mulai dari pukul 13.00 hingga 21.00 WIB.

Sop Senerek Juragan

Secara umum, Sop Senerek tidak jauh berbeda dengan jenis sup lainnya. Perbedaannya, lebih kepada isiannya yang lebih melimpah seperti kacang merah, bayam, wortel, seledri, daun bawang, hingga daging sapi atau jeroan ayam.

Sop Senerek berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Konon, makanan ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Sop Senerek pernah dinobatkan menjadi satu dari 10 nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020 kategori Makanan Tradisional.

Harga seporsi sup senerek di sini sekitar Rp10.000. Sop Senerek Juragan 2 beralamat di Jalan Nusa Indah, Dero, Condongcatur, Depok, Sleman. Jam operasional mulai dari pukul 7.00 sampai 20.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bupati Sleman Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan Jiwa, Ini Program yang Disiapkan

Sleman
| Rabu, 29 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Wow, 5 Restoran di Inggris Ini Sajikan Tempe sebagai Makanan Mewah

Lifestyle
| Selasa, 28 Mei 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement