Advertisement

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Lajeng Padmaratri
Rabu, 01 Mei 2024 - 14:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja Museum Dewantara Kirti Griya di Jalan Taman Siswa no 30 Kota Jogja. - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei untuk mengenang hari lahirnya Bapak Pendidikan, Ki Hadjar Dewantara.

Kita bisa merayakan hari bersejarah tersebut dengan berbagai cara, salah satunya mengunjungi peninggalan Ki Hadjar Dewantara yaitu Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja.

Advertisement

Museum ini terletak di kompleks Majelis Luhur Tamansiswa di Jalan Taman Siswa no. 31 Yogyakarta. Dilansir dari laman Jogjakota, berdirinya museum ini merupakan gagasan dari Ki Hadjar Dewantara sendiri yang menginginkan tanah bekas tempat tinggalnya dijadikan sebuah museum.

BACA JUGA: Mengenal Museum Dewantara, Museum yang Koleksinya Dirusak Massa Tawuran

Bangunan  dan tanah Museum Dewantara Kirti Griya sebelumnya dimiliki oleh wanita penguasa tanah perkebunan Belanda yang akhirnya dibeli oleh Ki Hadjar Dewantara, Ki Sudarminto, dan Ki Supratolo pada 14 Agustus 1934 dengan biaya sebesar 3.000 Gulden.

Bangunan ini kemudian difungsikan sebagai kompleks perguruan Taman Siswa sekaligus tempat tinggal Ki Hadjar Dewantara setelah dihibahkan kepada Yayasan Persatuan Tamansiswa pada tanggal 18 Agustus 1951.

Pada tanggal 3 November 1957, Ki Hadjar Dewantara berpindah tempat tinggal di Jalan Kusumanegara no. 31 yang diberi nama Padepokan Ki Hadjar Dewantara.

BACA JUGA: Museum Vredeburg Dipercantik, Ada Taman hingga Edupark Cocok untuk Bersantai hingga Swafoto

Museum Dewantara Kirti Griya diresmikan pada tanggal 2 Mei 1970 oleh Nyi Hadjar Dewantara.

Berisikan lebih dari 3.000 koleksi yang merupakan peninggalan KI Hadjar Dewantara semasa hidupnya  terdiri atas perabot rumah tangga, naskah, foto, koran, buku, majalah dan surat-surat.

Menurut laman Wajib Kunjung Museum Disbud DIY, Museum Dewantara Kirti Griya dapat dikunjungi masyarakat umum dengan harga tiket Rp3.000 per orang.

Pengunjung bisa datang setiap hari Senin-Kamis pukul 08.00-13.30 WIB, Jumat 08.00-11.00 WIB dan Sabtu 08.00-13.00 WIB. Sedangkan Minggu dan hari libur nasional museum tersebut tutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo Hari Ini Rabu 22 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu Jogja

Jogja
| Rabu, 22 Mei 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Tips Sehat dan Bugar di Tengah Cuaca yang Tidak Menentu

Lifestyle
| Selasa, 21 Mei 2024, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement