Advertisement

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Newswire
Jum'at, 10 Mei 2024 - 10:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia Foto yang diabadikan pada 24 April 2024 ini menunjukkan Jembatan Zhaozhou di wilayah Zhaoxian, Provinsi Hebei, China utara. (ANTARA/Xinhua - Mu Yu)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jembatan Zhaozhou berdiri di atas Sungai Xiaohe yang terletak di wilayah Zhaoxian, Provinsi Hebei, China utara. Jembatan itu dibangun pada masa Dinasti Sui (581-618).

Jembatan Zhaozhou merupakan jembatan lengkung tunggal tertua di dunia. Kini usia Jembatan Zhaozhou sekitar 1.400 tahun. 

Advertisement


Foto dari udara yang diabadikan menggunakan drone pada 24 April 2024 ini menunjukkan Jembatan Zhaozhou saat malam hari di wilayah Zhaoxian, Provinsi Hebei, China utara. (ANTARA/Xinhua/Mu Yu)

Kombinasi lokasi, desain, dan konstruksi yang sangat baik menjadi alasan utama mengapa Jembatan Zhaozhou dapat bertahan dari gempa bumi, banjir, dan perang selama 1.400 tahun.

Bersama dengan sejumlah landmark terkenal di dunia lainnya seperti Kota Terlarang dan Tembok Besar, Jembatan Zhaozhou dicantumkan ke dalam kelompok situs perlindungan warisan budaya nasional pertama China pada tahun 1961.


Foto menunjukkan ukiran batu di Jembatan Zhaozhou di wilayah Zhaoxian, Provinsi Hebei, China utara. (ANTARA/Xinhua/Zhu Tao)

Saat ini, objek wisata Jembatan Zhaozhou telah dibuka untuk umum secara gratis, sehingga banyak wisatawan yang datang ke wilayah Zhaoxian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalur Trans Jogja: Tujuan Malioboro, UGM, Prambanan

Jogja
| Rabu, 29 Mei 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Wow, 5 Restoran di Inggris Ini Sajikan Tempe sebagai Makanan Mewah

Lifestyle
| Selasa, 28 Mei 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement