Advertisement

Fakta Menarik Jalan Raya Terlebar di Dunia, Butuh Lebih dari 4 Menit untuk Menyeberang

Lajeng Padmaratri
Minggu, 09 Juni 2024 - 09:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Fakta Menarik Jalan Raya Terlebar di Dunia, Butuh Lebih dari 4 Menit untuk Menyeberang Sebuah jalan raya di Argentina memegang rekor sebagai jalan terlebar di dunia karena memiliki lebar 140 meter. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, BUENOS AIRES—Sebuah jalan raya di Argentina memegang rekor sebagai jalan terlebar di dunia. Pasalnya, jalan besar itu memiliki lebar 140 meter.

Jalan itu memiliki nama Avenida 9 de Julio, lokasinya di Kota Buenos Aires, Argentina. Jalan ini memiliki total 16 jalur, jadi menyeberang dari satu sisi ke sisi lain merupakan sesuatu hal yang cukup sulit.

Advertisement

Dilansir dari Oddity Central, Buenos Aires disebut sebagai 'Paris-nya Amerika Selatan', sehingga pemerintah setempat memutuskan untuk memperkuat reputasi tersebut dengan membangun infrastruktur monumental yang terinspirasi oleh Champs Elysee di Paris.

Rupanya, salinan tata kota yang sederhana saja tidak cukup. Mereka menginginkan sesuatu yang lebih besar dan lebih mengesankan. Akhirnya, mereka membuat jalan raya perkotaan yang melewati pusat kota dengan lebar dua kali lipat dari jalan raya Prancis yang terkenal.

Itu adalah proyek kolosal yang memakan waktu hampir setengah abad untuk menyelesaikannya. Akhirnya pada tahun 1980, Avenida 9 de Julio selesai. Hingga saat ini, jalan tersebut masih memegang rekor 'jalan terluas di dunia'.

BACA JUGA: Pulau di Jepang Hanya Punya Satu Lampu Lalu Lintas, Menyala Setahun Sekali

Proyek fenomenal itu tentu perlu mengorbankan sesuatu, mencakup pembongkaran 60.000 meter persegi real estate perkotaan dan perpindahan ribuan penduduk hanya untuk menyelesaikan bagian pertama.

Meski saat ini Avenida 9 de Julio tetap mengesankan dibandingkan saat diresmikan pada tahun 1980, namun jalan itu dua kali lebih semrawut. Dengan total 16 lajur dari satu sisi ke sisi lain, serta empat lajur tambahan untuk bus angkutan umum, satu kawasan pusat pejalan kaki, dan tidak kurang dari tujuh trotoar di antara lajur mobil, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk melintasinya.

Seorang TikToker baru-baru ini memfilmkan dirinya berjalan dari satu sisi Avenida 9 de Julio ke sisi lainnya. Rupanya, ia membutuhkan waktu 4 menit 17 detik, meskipun ia mengaku berjalan lebih cepat dari biasanya. Itu termasuk seluruh waktu yang dia habiskan untuk menunggu di lampu lalu lintas.
Sebagai perbandingan, rata-rata jalan hanya membutuhkan waktu 25 detik untuk menyeberang.

BACA JUGA: Gunung Terpendek di Jepang Tingginya Hanya 6 Meter, Hanya Perlu 1 Menit untuk Sampai Puncak

Menariknya, Avenida 9 de Julio mengklaim gelar 'jalan terluas di dunia' dengan bantuan dua jalan lainnya. Di sebelah timur jalan ini terdapat Jalan Carlos Pellegrini dan di sebelah barat adalah Jalan Cerrito. Dalam prakteknya, keduanya berfungsi sebagai lajur tambahan untuk jalan tersebut, sehingga gabungan enam lajurnya diperhitungkan saat mengukur lebar Avenida 9 de Julio. Tanpa mereka, lebarnya hanya 120 meter, dibandingkan dengan lebar resmi 140 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Golkar dan PKB Mengerucut Calonkan Sunaryanta di Pilkada Gunungkidul

Gunungkidul
| Selasa, 18 Juni 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Anti Membusuk, Begini Cara Menyimpan Daging Kurban yang Benar

Lifestyle
| Senin, 17 Juni 2024, 21:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement