Advertisement

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Jihan Nabilah (M154)
Minggu, 09 Juni 2024 - 20:37 WIB
Maya Herawati
Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru Mie Ayam Kobar Jaya berada di Jalan Ungaran, Kotabaru, Kemantren Gondokusuman, Kotabaru Jogja. Mi ayam satu ini sempat viral di media sosial. - Harian Jogja - Jihan Nabilah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kawasan Kotabaru Jogja digadang-gadang akan menjadi kawasan wisata alternatif selain Malioboro.

Kotabaru masuk dalam Kawasan Kecamatan (Kemantren) Gondokusuman, Jogja. Jalan-jalan di kawasan ini rindang karena banyak pepohonan. Tak cuma itu banyak street food atau jajanan kaki lima murah dan enak yang bisa Anda cicipi saat melintas atau berjalan-jalan di antara rindangnya pepohonan. Berikut ini beberapa di antaranya:

Advertisement

Batagor Kotabaru Pak Didi

Batagor Kotabaru merupakan salah satu jajanan kaki lima yang sayang untuk dilewatkan jika Anda sedang berkunjung ke Kotabaru. Tak sulit menemukan gerobak batagor ini. Letaknya berada di samping Gereja Katolik Santo Antonius Padua, Kotabaru tepatnya di Jalan I Dewa Nyoman Oka.

Batagor ini dijajakan dengan dua macam harga per porsi, yaitu Rp5.000 atau Rp10.000. Gerobak batagor ini dapat Anda temui setiap hari mulai pukul 06.00-16.00 WIB.

Mie Ayam Kobar Jaya

Rekomendasi selanjutnya adalah Mie Ayam Kobar Jaya. Lokasinya tak jauh dari batagor Kotabaru, tepatnya berada di Jalan Ungaran, Kotabaru, Kemantren Gondokusuman. Mi ayam satu ini sempat viral di media sosial. Pengunjungnya pun selalu ramai.

Ada dua jenis mi ayam yang disediakan, yakni mi ayam hijau dan mi ayam putih. Harganya pun masih terjangkau, mi ayam putih standar harganya mulai dari Rp11.000 per porsi, sedangkan mi ayam putih jumbo harganya mulai dari Rp13.000 per porsi. Kemudian untuk varian mi ayam hijau standar dibanderol mulai dari Rp12.000 per porsi dan untuk mi ayam hijau jumbo harganya mulai dari Rp14.000.

Adapun varian yang unik dan menjadi ciri khas dari Mie Ayam Kobar Jaya, yakni mi ayam jumbo yang mangkuknya bisa dimakan alias terbuat dari pangsit berbentuk mangkuk. Untuk varian mi putih dibanderol mulai dari Rp16.000 per porsinya dan untuk varian mie hijau harganya mulai dari Rp17.000. Mie Ayam Kobar Jaya buka setiap hari Senin hingga Sabtu, pukul 07.30-15.00 WIB.

Es Jaipong Kotabaru

Selanjutnya adalah adalah Es Jaipong Kotabaru. Es jaipong berisi tapai, mutiara, bubur sumsum hijau, dan cincau hitam. Minuman satu ini tentu sangat cocok disantap di tengah teriknya cuaca Jogja. Di sepanjang Kawasan Kotabaru cukup banyak yang menjual es jaipong, salah satu yang terkenal adalah Es Jaipong Kang Aceng.

Lokasinya berada di Jalan Atmosukarto, Kotabaru, Kemantren Gondokusuman. Harga satu porsi es jaipong dibanderol seharga Rp5.000. Es Jaipong Kang Aceng buka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB hingga dagangan habis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Golkar dan PKB Mengerucut Calonkan Sunaryanta di Pilkada Gunungkidul

Gunungkidul
| Selasa, 18 Juni 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Anti Membusuk, Begini Cara Menyimpan Daging Kurban yang Benar

Lifestyle
| Senin, 17 Juni 2024, 21:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement