Advertisement

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Jihan Nabilah (M154)
Selasa, 18 Juni 2024 - 17:17 WIB
Maya Herawati
Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris Pasar Beringharjo. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tempat makan murah di Jogja gampang ditemukan, bahkan jika Anda ke kawasan Jalan Malioboro. Di kawasan wisata ini Pasar Beringharjo berada. Dekat dengan Benteng Vredeburg dan Titik Nol Jogja, pasar tradisional ini menyuguhkan beragam dagangan.

Anda yang mampir tidak hanya akan bertemu baju batik atau daster incaran, tetapi juga bisa mengisi perut dengan berkuliner.

Advertisement

Kuliner legendaris dan khas Jogja yang harganya murah menjadi hal yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Pasar Beringharjo. Berikut ini rekomendasi makanan legendaris di Pasar Beringharjo:

Sup Kembang Waru Berkah Mandiri

Rekomendasi pertama adalah sup kembang waru, makanan khas Jogja yang satu ini cukup langka keberadaannya. Namun, di Pasar Beringharjo Anda dapat menikmatinya yakni di Warung Berkah Mandiri. Letaknya berada di dalam Pasar Beringharjo, tepatnya di bagian kuliner Metro Beringharjo lantai 2 Blok C2.

Kembang waru rasanya seperti rolade. “Terbuat dari kulit tahu dicampur daging ayam dan terigu,” ujar Mala, penjual sup kembang waru Berkah Mandiri. Satu porsi sup kembang waru dibanderol seharga Rp15.000. Tak hanya sup kembang waru, terdapat beberapa menu lainnya, yakni sup tetelan daging sapi, sup ceker ayam, dan sup kepala ayam yang juga dibanderol Rp15.000 per porsi. Warung Berkah Mandiri sudah berdiri sejak 2010. Sup kembang waru dapat Anda nikmati di Pasar Beringharjo mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Dawet Mbah Hari

Selanjutnya ada dawet legendaris yang sudah buka sejak 1965, yakni dawet Mbah Hari. Resep yang dimiliki Mbah Hari merupakan resep turun temurun dari keluarga Mbah Hari. Saat ini Mbah hari merupakan keturunan ketiga yang meneruskan usaha dawet keluarga tersebut.

Dawet Mbah Hari dapat Anda temui di lantai dasar, tepatnya berada di sisi utara Pasar Beringharjo. Dawet Mbah Hari buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB. Di tengah teriknya Matahari Jogja, tentu sangat pas untuk menyantap dawet Mbah Hari. Satu mangkuk dawet Mbah Hari dijual seharga Rp7.000.

BACA JUGA: 200 Ribu Liter Air Disalurkan untuk 3 Kalurahan di Gunungkidul

Nasi Pecel Enggal Wareg

Rekomendasi makanan terakhir adalah nasi pecel Enggal Wareg. Warung nasi pecel ini sudah berjualan sejak 1978. Lokasinya berada di samping Pasar Beringharjo dekat pintu selatan pasar, tepatnya di Jalan Pabringan.

Nasi pecel Enggal Wareg dijual di sebuah gerobak berwarna hijau. Tidak sulit untuk menemui gerobak hijau tersebut, dari pintu utama pasar Anda perlu jalan ke arah selatan. Nasi pecel Enggal Wareg dapat dinikmati mulai pukul 05.00-10.00 WIB.

Satu porsi nasi pecel harganya Rp12.000. Tak hanya pecel ada juga menu nasi gudeg yang dibanderol seharga Rp13.000. Selain itu juga jika Anda ingin menambah varian sate, terdapat beberapa jenis mulai dari sate telur puyuh Rp5.000, sate usus Rp7.000, sate ati Rp7.000, hingga sate paru Rp10.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal KRL Jogja-Solo Jumat 28 Juni 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Jum'at, 28 Juni 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pemilik Kulit Sensitif dan Berminyak Hindari Makanan Ini Agar Tidak Jerawatan

Lifestyle
| Rabu, 26 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement