Advertisement

Wisata Kuliner: Daftar Kedai Burger Lokal di Jogja

Sirojul Khafid
Senin, 02 September 2024 - 08:47 WIB
Sunartono
Wisata Kuliner: Daftar Kedai Burger Lokal di Jogja Foto ilustrasi burger lokal. - Instagram.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hamburger memang berasal dari luar Indonesia. Namun kepraktisan dan juga rasanya yang beragam membuat hamburger lokal bermunculan di Jogja.

Dalam salah satu versi sejarah, burger berawal dari kata hamburger. ‘Ham’ bukan merujuk pada sebutan daging sapi. Namun ‘ham’ merupakan kependekan dari Hamburg, nama salah satu kota di Jerman. Versi inilah yang kemudian meyakini hamburger berasal dari Jerman.

Advertisement

Versi cerita lain menyatakan bahwa burger merupakan temuan dari Charlie Nagreen, seorang pedagang di Seymour Fair, Australia. Nagreen yang saat itu berusia 15 tahun berjualan sandwich berisi bakso sejak 1885. Ada pula versi lainnya, bahwa burger merupakan temuan dua kakak beradik asal Ohio, Amerika Serikat, Charles Menches dan Frank Menches. Kedua kakak beradik ini adalah pedagang makanan sandwich isi sosis. Suatu ketika, mereka kehabisan sosis, sehingga mengganti isi sandwich dengan daging sapi cincang. Formula itu justru menjadi kesukaan banyak orang.

BACA JUGA : Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di DIY melalui Marketplace Indonesian Custom Show 2024

‘Temuan’ menu tersebut semakin berkembang, dan diproduksi banyak orang, termasuk Louis Lassen dari Connecticut pada 1895. Dia menjual makanan dari setangkup roti berisi daging. Makanan itu belum bernama. Selanjutnya, datang pelaut-pelaut asal Hamburg, Jerman yang makan sajian buatan Louis Lassen. Dari situ kemudian, nama hamburger mengemuka.

Berikut tiga burger lokal yang ada di Jogja.

Kumpeni Burger

Burger umumnya identik dengan tempat yang modern. Namun di Kumpeni Burger, makanan khas luar negeri ini berpadu dengan klasiknya gaya pedesaan Bantul. Rumah makannya berbentuk joglo dengan berbagai unsur tradisionalnya.

Bahan burger di Kumpeni serba buatan sendiri. Harga per porsi burger mulai Rp33.000. pengunjung bisa memilih side dish berupa potato, wedges, atau onion rings. Kumpeni Burger beralamat di Jalan Industri II, Kasih, Tamantirto, Kasihan, Bantul. Ada pula cabang lain di JNM Bloc, tidak jauh dari Jalan Malioboro. Jam operasionalnya mulai pukul 16.00 hingga 22.00 WIB.

Circa 90 Cafe

Kedai burger ini berkonsep 90-an. Saat menikmati burger di sini, pengunjung bisa merasakan nuansa majalah, komik, sampai permainan dingdong baik lawas maupun modern. Semua fasilitas pendukung ini bisa pengunjung gunakan dan mainkan.

BACA JUGA : Solo Safari Hadirkan Celebrity Chef di Acara Mom and Kid Cooking Day

Beberapa pilihan menu burger di Circa 90 Café seperti classic burger yang minim sayur, tapi punya patty tebal. Side dish burger bisa dengan rice balls yang gurih dan renyah. Harga per porsi mulai dari Rp30.000. Circa 90 Café berada di Jalan Raya, Malangrejo, Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Jam operasionalnya mulai pukul 10.30 hingga 23.00 WIB.

Monalisa Burger

Monalisa Burger merupakan produsen burger veteran. Mereka sudah beroperasi sejak tahun 1988. Salah satu yang spesial dari Monalisa Burger berupa bun atau roti yang lembut serta dagingnya yang besar.

Harga seporsi burger di sini mulai dari Rp20.000. Tempatnya cukup minimalis. Namun misal pengunjung mau makan di tempat tetap memungkinkan. Monalisa Burger berlokasi di Jalan Sisingamangaraja Nomor 90, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Jogja. Jam operasionalnya mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wujudkan Smart City, Pemkot Kendalikan Layanan Publik hingga Lalu Lintas Gunakan Teknologi

Jogja
| Minggu, 15 September 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sebelum Menyerang, Stroke Mengirimkan Tanda-Tanda, Ini Gejalanya

Lifestyle
| Minggu, 15 September 2024, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement