Advertisement

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Sirojul Khafid
Minggu, 08 September 2024 - 11:17 WIB
Sunartono
Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan Ilustrasi Malioboro. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja menjadi kota terfavorit masyarakat Indonesia untuk berwisata. Kombinasi berbagai unsur dari destinasi wisata hingga kuliner membuat Bumi Mataram ini mempertahankan peringkatnya dari tahun sebelumnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat per Juni 2024, jumlah perjalanan wisatawan nasional mencapai 900.000 perjalanan. Jumlah ini naik dari bulan Mei 2024 dengan angka 626.000 perjalanan. Trend peningkatan ini menunjukkan daya tarik wisata lokal masih mendapat ruang di hati masyarakat Indonesia.

Advertisement

Dalam survei GoodStats bertajuk ‘Kota Pilihan Masyarakat Indonesia 2024’, Kota Jogja terpilih menjadi yang terfavorit untuk berwisata, dengan perolehan persentase 71,2%. Posisi kedua untuk kategori yang sama yaitu Denpasar. Ibu kota Provinsi Bali ini mendapatkan 70,4%.

BACA JUGA : Kemenparekraf Dorong Pengembangan Wisata Jogja Lewat Industri Board Game

“Tidak hanya populer dengan wisatawan mancanegara, Denpasar juga berhasil menarik perhatian wisatawan lokal. Beberapa objek wisata terkemuka di Denpasar adalah antara lain kawasan Seminyak, Pantai Sanur, hingga Tanah Lot,” tulis dalam laporan tersebut.

Peringkat berikutnya untuk kota terfavorit berwisata yaitu Bandung, dengan angka 52,4%. Kota Bandung terkenal akan kulinernya yang menarik dan suasananya yang sejuk. Terdapat beberapa objek wisata alam seperti Taman Hutan Raya (Tahura) dan Babakan Siliwangi.

Kota pilihan untuk wisata berikutnya yaitu Bogor, dengan 34,1%. Beberapa kota lain yang turut masuk dalam daftar antara lain Malang (20,5%), Jakarta (15%), Mataram (9,1%), hingga Banda Aceh (9%).

“Adapun alasan utama terpilihnya kota-kota di atas sebagai tujuan wisata, adalah karena banyaknya pilihan tempat wisata yang menarik (65%), keindahan alam yang menakjubkan (54%), memiliki banyak tempat bersejarah (41%), kulinernya lezat (36%), hingga sarana dan prasarana pariwisata yang mendukung (31%),” tulisnya.

Survei GoodStats bertajuk ‘Kota Pilihan Masyarakat Indonesia 2024’ dilakukan dengan metodologi kuantitatif secara online, dalam rentang waktu 28 Juli hingga 5 Agustus 2024. Adapun total responden 1.000 orang dari seluruh Indonesia.

Favorit Pelajar

Tidak hanya untuk wisata, Jogja juga menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk belajar. Masih dalam survei GoodStats bertajuk ‘Kota Pilihan Masyarakat Indonesia 2024’, Jogja terpilih sebagai kota terbaik untuk tujuan belajar, dengan perolehan sebesar 67,2%.

Banyak kampus terkemuka di Kota Pelajar tersebut, baik negeri maupun swasta. Beberapa kampus tertua juga berada di Jogja, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Islam Indonesia (UII).

Di samping Jogja, Bandung juga menjadi kota favorit untuk menempuh studi pilihan orang Indonesia. Bandung dengan suasana kotanya yang mendukung untuk belajar, ditambah dengan berbagai universitas tersohor seperti Institut Teknologi Bandung (ITB). Beberapa orang yang berpengaruh di Indonesia merupakan lulusan kampus tersebut, seperti Ir. Soekarno hingga B.J. Habibie.

Adapun posisi ketiga kota terbaik untuk menempuh pendidikan dipegang oleh Malang dengan proporsi sebesar 41,1%. “Terdapat beberapa alasan yang melatarbelakangi terpilihnya sederet kota di atas, seperti banyaknya kampus berkualitas di kota pilihan, fasilitas umum dan transportasi yang memadai, popularitasnya sebagai kota pelajar, hingga biaya hidup yang murah dan suasana kota yang nyaman,” tulis dalam laporan tersebut.

BACA JUGA : Kota Jogja Kejar Peningkatan Lama Tinggal Wisatawan Jadi 2 Hari

Alasan-alasan ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan masih menjadi pertimbangan utama orang Indonesia ketika memilih lokasi untuk belajar. Faktor seperti biaya hidup dan fasilitas yang tersedia menjadi pertimbangan kedua dan berikutnya.

Kota Pilihan Belajar

  1. Jogja: 67,2%
  2. Bandung: 50,4%
  3. Malang: 41,1%
  4. Surabaya: 25,6%
  5. Jakarta: 23,1%

Kota Pilihan Bekerja

  1. Jabodetabek: 85,2%
  2. Surabaya: 46,1%
  3. Bandung: 37,8%
  4. Batam: 29,9%
  5. Medan: 22,3%

 Kota Pilihan Wisata

  1. Jogja: 71,2%
  2. Denpasar: 70,4%
  3. Bandung: 52,4%
  4. Bogor: 34,1%
  5. Malang: 20,5%

Kota Pilihan Menikmati Masa Tua

  1. Solo: 63,1%
  2. Jogja: 61,9%
  3. Bandung: 49,4%
  4. Malang: 25,2%
  5. Bogor: 24,1%

 Sumber: https://data.goodstats.id/statistic/yogyakarta-terpilih-sebagai-kota-favorit-untuk-belajar-2024-MsOVf

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tak Sekadar Komoditas Perdagangan, Anggrek Ternyata Bisa Jadi Karya Seni Hidup

Jogja
| Selasa, 17 September 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Daftar Negara dengan Jam Kerja Terlama

Lifestyle
| Senin, 16 September 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement