Advertisement

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Sirojul Khafid
Minggu, 27 Oktober 2024 - 08:47 WIB
Sunartono
Rekomendasi Makanan Ramah Vegan Pizza keju vegan - The Food Charlatan via Hellosehat

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penganut gaya hidup vegan tidak makan bahan makanan daging. Namun untuk menyiasatinya, dan mungkin kangen dengan nuansa daging, maka bisa mencoba olahan ‘daging’ namun ramah vegan.

Setiap 1 November, kita memperingati Hari Vegan Sedunia. Gaya hidup ini mulai populer sejak 80 tahun lalu. Meski dalam beberapa catatan, bibit-bibit gaya hidup vegan sudah muncul sekitar 2.000 tahun lalu.

Advertisement

Merujuk pada kanal Vegan Society, pada awal tahun 500 SM, filsuf dan matematikawan Yunani Pythagoras mempromosikan kebajikan di antara semua spesies. Sekitar waktu yang sama, Siddhārtha Gautama (lebih dikenal sebagai Buddha) juga sedang mendiskusikan pola makan vegetarian dengan para pengikutnya.

Pada tahun 1806 M, konsep awal veganisme mulai terbentuk, dengan William Lambe dan Percy Bysshe Shelley menjadi orang Eropa pertama yang secara terbuka menolak telur dan susu karena alasan etika. Pada November 1944, Donald Watson mengadakan pertemuan dengan lima vegetarian non-susu lainnya.

Mulai dari situ, gaya hidup vegan semakin berkembang hingga hari ini, dengan berbagai modifikasinya. Berikut tiga rekomendasi kuliner di Jogja yang ramah vegan.

Sate Kere Mbah Marto

Sate dan daging tentu sangat akrab. Namun adakah sate tanpa daging? Ternyata konsep itu bisa kita temukan di Sate Kere Mbah Marto. Sate ini terbuat dari tempe gembus yang dipanggang dengan bumbu kecap khas Jogja.

Meski tidak terbuat dari daging, Sate Kere Mbah Marto bisa menjadi alternatif untuk para vegan. Harga per tusuk sate di sini mulai dari Rp5.000 hingga Rp15.000. Sate Kere Mbah Marto berada di Jalan Parangtritis KM 5, Sewon, Bantul. Jam operasionalnya mulai dari 10.00 hingga 17.00 WIB.

Veganissimo

Semua menu di kedai ini ramah untuk vegan. Misal menu nasi goreng, di Veganissimo ada pilihan nasi goreng sayur dan rumput laut. Varian mie ada mie goreng, mie jawa, mie sagu goreng, sampai bihun kangkung terasi. Masih ada varian makanan lain seperti ikan vege balado, sate gluten, dan sapo tahu Jepang.

Harganya per porsinya mulai dari Rp13.000 sampai Rp27.000. Untuk mencoba menu-menu di sini, konsumen cukup datang ke Veganissimo yang beralamat di Jalan Wisata, Pringwulung, Condongcatur, Depok, Sleman. Jam operasional dari pukul 08.00 sampai 20.00 WIB.

Black Forest Café

Ada beberapa menu yang tersedia, dari varian salad seperti caesar salad. Ada pula varian menu lain berupa golden tofu hot plate, vegan banana cake, vegan fire steak, tahu cocol, fried broccoli, hingga mushroom skewer. Bagi masyarakat yang memang menerapkan gaya vegan, atau ingin mencoba menu vegan, Black Forest Café bisa jadi tempat yang cocok.

Satu porsi menu di Black Forest Café mulai dari Rp10.000 sampai Rp60.000. Bagi masyarakat yang sedang berjalan-jalan di sekitar Kota Jogja, tempat makan ramah vegan ini tidak terlalu jauh, berada di Jalan Parangtritis Nomor 87, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Jogja. Jam operasional mulai pukul 09.30 sampai 24.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pentas Svarna Sandya Nusantara di Ratu Boko Jadi Ajang Promosi Budaya

Sleman
| Minggu, 27 Oktober 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Bisa Picu Kelumpuhan, Kenali Gejala-Gejala Polio sejak Usia Dini

Lifestyle
| Minggu, 27 Oktober 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement