Advertisement

Hal-Hal Ini Bisa Bikin Kamu Berpikir Dua Kali untuk Terbang

Nugroho Nurcahyo
Rabu, 18 April 2018 - 03:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
Hal-Hal Ini Bisa Bikin Kamu Berpikir Dua Kali untuk Terbang Ilustrasi penerbangan - Alamy

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Memesan tiket, ke bandara, menunjukkan kode booking, antre bagasi, boarding, terbang, mendarat sampai ke tujuan. Tampaknya mudah dan santai. Tapi ada hal-hal yang dirahasiakan dunia penerbangan kepada para penumpang. Setelah membaca ini, mungkin kamu akan pikir-pikir sebelum terbang lagi.

 

Advertisement

 Prioritaskan Kecepatan

Badan pemantau lalu lintas udara AS seperti dilansir Reddit, menyatakan beberapa maskapai mengutamakan kecepatan alih-alih kemulusan penerbangan. Misalnya perusahaan penerbangan murah AS, Southwest airlines.

Tujuannya penghematan biaya. Lain lagi dengan American Airlines dan United, yang mengutamakan penerbangan mulus dan lancar. Pilot kedua maskapai ini juga dikenal memperhitungkan goncangan karena cuaca dan gangguan lainnya.

 

 Komponen Tak Lengkap

Seorang insinyur aeronautika menjelaskan adanya daftar benda-benda yang boleh tidak lengkap pada pesawat, namun pesawat tetap layak terbang.

Seorang pengguna Reddit mengatakan, daftar itu sangat tebal dan disebut “Minimum Equipment List” atau daftar perlengkapan minimum.

Sejumlah komponen yang jika rusak tidak mencegah pesawat lepas landas misalnya lampu rusak. Untuk kasus itu, pesawat hanya boleh terbang siang hari.

 

Terbang bersama Mayat

Pengguna Reddit mengungkap peti berwarna putih yang dimuat ke dalam pesawat berisi jenazah. Jenazah biasanya ditempatkan dalam kantung berwarna hitam, sehingga orang tidak bisa melihat isinya sebelum ditempatkan dalam peti.

 

Meja Lipat

Seorang pramugari, seperti ditulis Reddit, merekomendasikan agar penumpang mengalas meja lipat (folding table) yang ada di tiap kursi, sebelum meletakkan makanan. Menurutnya penumpang yang membawa bayi atau anak kecil kerap mengganti popok anak di atas meja.

 

Keran air

Sebuah studi pada 2013 di Amerika Serikat menemukan fakta 12% keran air di pesawat positif mengandung coliform, bakteri yang berbahaya. Karena itu, minuman selamat datang di pesawat terbang biasanya air kemasan bukan air yang dituang pada wadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reddit, Dailymail.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Minum Ramuan Jahe Cocok saat Puasa dan Kala Hujan

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement