Kode-Kode Ini Hanya Pramugari & Pilot yang Tahu

Ilustrasi Pramugari - Bussinesinsider
21 April 2018 01:05 WIB Nugroho Nurcahyo Wisata Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—Pernah tidak saat bepergian mendapati ada pramugari berkomunikasi dengan koleganya memakai kosakata yang aneh dan Anda tak bisa menangkap maksudnya?

Layaknya polisi atau tentara yang sering memakai kata-kata sandi untuk saling berkomunikasi, ternyata para pramugari juga memiliki bahasa khusus yang hanya mereka dan pilot saja yang tahu.

Bahasa ini menjadi kode rahasia yang hanya diketahui mereka dan tak dikenali penumpang. Kode-kodenya pun bervariasi. Mulai mengantisipasi panik, perubahan cuaca, sampai bahasa rute perjalanan. Para Flight Attendant Wannabe harus tahu ini. Berikut ini beberapa bocoran kodenya yang dirangkum oleh mantan pilot pesawat komersial Patrick Smith yang menulis buku Ask The Pilot:

 

1.Senior Mama

Istilah ini menggambarkan kepedulian pramugari terhadap penumpang lanjut usia. Penumpang lanjut usia merupakan masalah tersendiri bagi sebagian besar pramugari karena mereka jarang tersenyum. Ini mirip kondektur bus di Jogja yang memakai kode kata “Anggur” atau Kolesom untuk memperingatkan sopir agar tak lekas-lekas tancap gas ketika hendak menurunkan penumpang lanjut usia. Kata Kolesom atau Anggur merujuk pada produk minuman bikinan Cap Orang tua.

 

2.Pink Eye atau Mata merah muda

Mata merah adalah istilah pramugari untuk menggambarkan sebuah penerbangan panjang. Sedangkan, mata merah muda adalah penerbangan singkat yang akan dilalui pramugari, durasinya tak lebih dari satu jam perjalanan.

 

3.Victory Lap

Istilah ini menggambarkan kondisi setelah tiga atau empat hari perjalanan ke beberapa kota yang berbeda, pramugari akan kembali ke bandara pusat maskapai mereka. Tetapi, tidak ada waktu bagi pramugari untuk pulang ke rumah, karena pesawat hanya mengisi bahan bakar, dan terbang kembali setelah itu.

 

4.Turn

Turn adalah kondisi di mana pramugari hanya melihat pemandangan kota suatu negara dari atas pesawat. Tapi setelah pesawat mendarat, tidak ada waktu bagi pramugari pergi jalan-jalan di negara tersebut.

 

(IG: @pramugari_indonesia)

5.Deplane

Artinya, bukan hanya penumpang yang akan turun dari pesawat, tetapi juga pramugari.

 

6.Tagging

Jika salah seorang pramugari mengucap kata tagging sebelum pesawat berangkat, berarti negara tujuan mereka sedang bercuaca dingin atau salju. Jadi, biasanya mereka akan membawa mantel untuk mengantisipasi saat turun dari pesawat.

 

Sumber : Bussinesinsider

Adplus Tokopedia