Advertisement

WISATA LEBARAN 2018 DI JOGJA: Nikmati Beragamnya Olahan Hasil Laut di Pantai Baron

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 15 Juni 2018 - 20:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
WISATA LEBARAN 2018 DI JOGJA: Nikmati Beragamnya Olahan Hasil Laut di Pantai Baron Wahana flyboard di Pantai Baron. - IG @flyboardbaron

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DIY punya banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi saat libur Lebaran pekan depan. Harian Jogja membuat daftar lokasi jalan-jalan terbaik untuk mengisi liburan Idulfitri Anda di Jogja. Kriteria yang kami susun berdasarkan keindahan, kenyamanan, kebersihan, dan kemudahan akses.

Tahun ini kami memilih pantai lawas yang juga tidak ada matinya di Gunungkidul, Pantai Baron. Terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, objek wisata ini merupakan pantai yang membentuk cekungan atau teluk kecil.

Advertisement

Seperti pantai lainnya, di Baron tersedia aneka hasil laut beserta olahannya. Hasil laut yang biasanya dijual di Baron antara lain udang windu, ikan kakap, bawal putih dan tongkol.

Yang bikin Pantai Baron menarik daripada sebelumnya adalah fasilitas pendukung. Baron memiliki tempat pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, perahu bermesin, dan toko cenderamata. Buah srikaya, pisang tanduk, sirsak, dan berbagai macam cenderamata yang terbuat dari kerang laut juga tersedia.

Keunikan Pantai Baron adalah adanya sungai bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Namun, sungai ini tak boleh diceburi untuk berenang karena sangat berbahaya.

Ada dua rute menuju Pantai Baron, yakni lewat Jl. Wonosari lurus terus hingga naik ke Patuk menuju Kota Wonosari. Sesampai di Pasar Argosari, wisatawan tinggal meleati Jl. Baron.

Rute kedua adalah melewati Pasar Playen menuju Paliyan, Puslatpur TNI, Pasar Trowono dan masuk Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) kemudian masuk ke kawasan Pantai Baron. Biaya retribusi sebesar Rp10.000 per orang.

Lebaran tahun ini adalah Lebaran pertama pantai ini punya wahana baru fly board. Jenis olahraga air yang mulai dioperasikan sejak November 2017 lalu itu sangat cocok bagi penyuka uji adrenalin.

Sebelum menjajal terbang dengan flyboard, akan ada instruktur yang mengajarkan sistem kerjanya. Anda hanya butuh 5 menit penjelasan dari sang instruktur. Kontrol utama untuk bermain flyboard ada di tangan Anda, apakah mau menukik ke bawah, belok ke kanan atau ke kiri.

Bagi orang awam yang belum pernah mencoba akan sedikit kesulitan menyeimbangkan agar tetap konsisten melayang di udara. Perlu beberapa kali percobaan agar berhasil tenang melayang menggunakan Flyboard di Pantai Baron ini. Bagi seorang amatir, apalagi yang tak bisa berenang dan gampang panikan, pelampung tetap harus digunakan demi keselamatan.

Tarif main flyboard di Pantai Baron pada hari biasa dipatok Rp250.000 pada weekdays dan Rp300.000 untuk weekend.

Jangan keburu girang kalau menurut Anda tarif itu sangat murah untuk menjajal wahana satu-satunya di DIY dan Jawa Tengah ini. Tarif segitu hanya untuk bermain selama 10 menit. Dan tarif ini kemungkinan berubah sewaktu-waktu apalagi saat musim libur Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Mulailah Perjalanan Kuliner di sepanjang Pesisir Aegea di Turki

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 03:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement