Advertisement

WISATA LEBARAN 2018 DI JOGJA: Ini Sejumlah Destinasi Wisata Lama Rasa Baru di Jogja

Ujang Hasanudin, Beny Prasetya, Fahmi Ahmad Burhan
Sabtu, 16 Juni 2018 - 07:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
WISATA LEBARAN 2018 DI JOGJA: Ini Sejumlah Destinasi Wisata Lama Rasa Baru di Jogja Wisata Lebaran 2018. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJADIY punya banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi saat libur Lebaran pekan depan. Harian Jogja membuat daftar lokasi jalan-jalan terbaik untuk mengisi liburan Idulfitri Anda di Jogja. Kriteria yang kami susun berdasarkan keindahan, kenyamanan, kebersihan, dan kemudahan akses.

 

Advertisement

Merapi

Merapi bukan hanya mendatangkan musibah, tetapi juga memberi banyak berkah. Salah satu berkah itu adalah wisata menyusuri bekas-bekas erupsi 2010 lalu yang dikenal dengan lava tour.

Pengelola Kawasan Wisata Kaliadem Agung Yulianto mengatakan pengunjung diajak berkeliling kawasan wisata Kaliurang sampai Kaliadem naik jip.

“Banyak tempat-tempat yang bisa dilalui oleh wisatawan dengan jip, ada Kali Kuning Park, Petilasan Mbah Maridjan, Bunker Kaliadem, sampai Batu Alien,” kata Agung, Sabtu (9/6/2018).

Lava Tour Merapi gampang dijangkau. Dari Bandara Adisucipto jaraknya sekitar 23 kilometer.

Wisatawan perlu merogoh kocek Rp350.000 sampai Rp550.000 untuk menyewa jip, tergantung rute yang dilalui. Pengelola Komunitas Merapi Jip Land Cruiser (MJLC) Wahyu Nur Irawan mengatakan pada libur Lebaran kali ini, ada 30 jip yang sudah disiapkan. Meski Merapi dalam status Waspada, lava tour masih aman karena berada di luar radius tiga kilometer dari puncak.

 

Pantai Glagah

Di Kulonprogo, Pantai Glagah tidak memiliki atraksi budaya dan kegiatan tertentu untuk menarik wisatawan dalam libur Lebaran ini. Namun, objek wisata yang menghadirkan pemandangan laut sebagai sajian utama ini mempunyai alasan lain untuk dikunjungi pengunjung yakni hadirnya kebun bunga matahari yang berada di dekat pintu masuk Pantai Glagah.

Belakangan, banyak pelancong datang ke Glagah bukan untuk melihat pantai, tetapi untuk mengunjungi kebun bunga matahari untuk berfoto-foto, menambah koleksi foto indah di medsos.

Di kebun ini terdapat pohon jengger yang mempunyai warna yang mencolok seperti bunga matahari. Pohon setinggi pinggang orang dewasa berwarna merah marun dan kuning ini bisa menjadi objek foto uyang menatik. Pantai Glagah dekat dengan proyek New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA). Ini juga menarik karena wisatawan bisa melihat sampai mana proses pembangunan bandara itu.

Pantai Glagah punya hasil yang bisa jadi santapan lezat. Es kelapa muda yang menyegarkan juga banyak dijual.

 

Gua Cemara

Pantai Gua Cemara berada di Gadingsari, Sanden, Bantul. Pantai ini menyuguhkan pemandangan alam pohon cemara udang. Luasnya sekitar 10 hektare hampir dipenuhi cemara. Tidak hanya itu, sepanjang 200 meter dari bibir pantai di kawasan wisata tersebut tidak ada bangunan, sehingga pengunjung leluasa memandang laut dari kejauhan sambil bersantai di bawah pohon cemara.

Kawasan wisata pantai sepanjang 1,4 kilometer ini juga dilengkapi ratusan toilet. Pantai Gua Cemara sebagian dijadikan kawasan konservasi penyu.

Soal keamanan, sehari-hari kawasan ini juga dijaga polisi air dan Tim SAR. Bahkan khusus libur Lebaran, ada posko pengamanan gabungan berbagai instansi di pantai tersebut. Retribusi masuk saat liburan Rp10.000 dan hari biasa Rp6.000.

Ongkos itu tidak hanya ke Pantai Gua Cemara, tetapi juga ke beberapa pantai lainnya seperti Samas, Pandansari, Kuwaru dan Pandansimo.

Jalur menuju obyek wisata tersebut sangat mudah, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pusat Jota Bantul. Jalannya lurus, lebar dan halus. Sepanjang JJLS menuju Pantai Goa Cemara akan melewati banyak taman bunga di kanan kiri jalan dan bisa berswafoto dengan biaya Rp5000 untuk sekali mampir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Simak! Jalur Trans Jogja Lengkap, ke UGM, UNY, Rumah Sakit dan Tempat Wisata

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Hindari Minum Teh Setelah Makan, Ini Risikonya bagi Tubuh

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement