Advertisement

Saking Senangnya Akan Jalan-Jalan ke Luar Negeri, Hal-Hal Ini Kerap Dilupakan

newswire
Minggu, 29 Juli 2018 - 17:35 WIB
Maya Herawati
Saking Senangnya Akan Jalan-Jalan ke Luar Negeri, Hal-Hal Ini Kerap Dilupakan Ilustrasi traveling - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jalan-jalan keluar negeri selalu mendebarkan, ya karena bukan negara sendiri jadi harus banyak yang dipersiapkan. Kadang-kadang saking riangnya, kerap kali para pelancong melupakan hal-hal kecil yang sangat penting. Berikut ini daftarnya seperti dilansir Popsugar belum lama ini:

Lupa Memeriksa Ketentuan Bagasi

Advertisement

Traveling ke luar negeri, apalagi ke sebuah negara yang sebelumnya belum pernah didatangi, maka membaca dan memahami petunjuk yang berkaitan dengan barang bawaan bagasi pesawat sangat penting. Jangan sampai saat sudah sampai di bandara, baru mengetahui bahwa tas atau koper yang dibawa melanggar peraturan ukuran bagasi pesawat di negara bersangkutan. Akhirnya membuat diri terkena hukuman denda.

Lupa Tak Selalu Ada WiFi Gratis

Buang kebiasaan selalu berpikiran bahwa Anda dapat menyelesaikan tugas atau pekerjaan dengan asumsi hotel yang diinapi pasti memiliki koneksi WiFi. Selalu waspada dan jaga-jaga, bisa saja koneksi internet di hotel tiba-tiba down dan tidak bisa digunakan atau memakan waktu lama untuk perbaikan. Maka dari itu, mempersiapkan diri bertemu dengan situasi koneksi sinyal atau WiFi itu bisa saja buruk penting dilakukan.

Lupa Menyimpan uang di Tempat yang Mudah

Mengingat kita bukanlah penduduk lokal setempat, kita tidak pernah tahu seberapa bahaya atau seberapa aman negara atau area yang kita datangi tersebut dengan pasti. Hindari untuk menyimpan uang di tas atau tempat-tempat yang mudah digapai oleh orang lain, simpan uang di tempat yang aman, sekarang sudah banyak travel aksesori yang bisa dijadikan pilihan.

Bawa Barang Kebanyakan

Saat berkemas barang-barang, biasanya kita berpikiran bisa menggunakan semua barang yang dibawa, misalnya sampai membawa lima pasang alas kaki yang berbeda-beda dengan pikiran untuk gonta-ganti setiap harinya. Percayalah! Hal ini tidak perlu dilakukan, dan hanya akan membuat diri menjadi overpacking atau kebanyakan barang bawaan. Jangan repotkan diri sendiri dengan banyak bawaan. Kemas barang-barang seperlunya dan sepraktis mungkin.

Uang Tunai Terlalu Sedikit

Selain mengantisipasi beberapa restoran atau pasar lokal setempat tidak menerima transaksi dengan kartu kredit, selalulah ingat bahwa di beberapa negara bahkan ada hotel-hotel yang hanya menerima transaksi tunai. Pastikan persediaan uang tunai yang dibawa memang cukup sebanyak yang diperlukan, untuk mengantisipasi misalnya gerai ATM sulit ditemukan.

Pesan Tiket Hiburan Lebih Awal

Adalah kesalahan yang juga disebutkan sering dilakukan banyak orang ketika traveling ke luar negeri. Walaupun berkunjung di saat bukan musim liburan, sejatinya tiket tur atau paket atraksi hiburan itu cepat habis terjual apalagi tiket-tiket untuk tempat hiburan terkenal yang saking ramainya bisa saja sampai menjadi daftar tunggu. Hindari kesalahan ini dengan melakukan riset dulu tur yang mana yang mau dikunjungi, dan sebisa mungkin pesan satu bulan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Mulailah Perjalanan Kuliner di sepanjang Pesisir Aegea di Turki

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 03:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement