Advertisement

Jika ke Thailand Jangan Lupa Icip-Icip Jajanan Ini

newswire
Jum'at, 03 Agustus 2018 - 15:35 WIB
Maya Herawati
Jika ke Thailand Jangan Lupa Icip-Icip Jajanan Ini Pad Thai - ist/Jasthai

Advertisement

Harianjogja.com, BANGKOK—Jajanan di Bangkok tak akan ada habisnya. Jika Anda sedang di sana dan bingung ingin menjajal makanan apa, bisa dimulai dengan lima jenis ini.

Bila menginap di pusat kota, seperti Si Lom dan Siam, tidak perlu khawatir kehabisan makanan karena jajanan sangat mudah ditemui di sepanjang trotoar, berupa kafe atau warung pinggir jalan. Berikut ini rekomendasinya:

Advertisement

Teh Thailand (Thai Tea)

Teh khas Thailand memang dapat ditemukan di mana saja, bahkan banyak gerai di mal Jakarta yang menjualnya. Tapi, tidak ada salahnya mencoba langsung di tempat asalnya. Campuran teh pekat dengan susu ini sangat cocok diminum dingin siang hari, sambil berjalan-jalan berkeliling Bangkok yang panas.

Ingat, cukup bilang milk tea, atau chaa yen dalam bahasa setempat. Beberapa pedagang memasang wajah bingung bila kita memesan Thai tea.

Salad Pepaya

Som tam atau salad pepaya ini dibuat dari pepaya muda serut yang diberi kecap ikan gurih, irisan bawang merah, dan potongan tomat. Segarnya salad berasal dari air jeruk nipis ditambah pedas cabai rawit, ditambah taburan kacang tanah.

Salad pepaya ini cocok dimakan bersama sticky rice (seperti ketan) atau untuk teman makan daging goreng/panggang.

Pad Thai

Makanan ini paling sering dijumpai di pinggir jalan, seperti mie goreng tek-tek di Indonesia. Pad Thai memakai mie seperti kwetiau atau bihun goreng yang diberi kecap ikan, bawang merah dan bawang putih, lalu diberi seafood seperti udang.

Sekilas, Pad Thai memang mirip mie goreng seafood. Tapi, makanan ini memakai tauge segar yang renyah saat digigit dan bumbu wajib masakan Thailand, jeruk nipis.

Salad Lele

Di Thailand, ikan lele dapat ditemukan dalam bentuk salad dengan rasa yang manis, asam dan pedas. Daging lele goreng ini diberi kecap ikan, bawang merah, jeruk nipis dan cabai. Salad lele ini juga dapat ditambahkan daun ketumbar (cilantro) atau kacang tanah bila suka.

Mango Sticky Rice

Makanan ini sangat mudah ditemukan di Bangkok, di pinggir jalan hingga di dalam mal. Sticky rice, mirip ketan di Indonesia, gurih ini disiram sedikit santan saat akan dimakan.

Seporsi jajanan ini biasanya berisi setangkup sticky rice yang diberi setengah potong irisan mangga manis dan taburan wijeb. Cocok untuk penawar makanan pedas Thailand atau dinikmati dengan teh susu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Perawatan dan Pengobatan Penyakit Kronis Pada Lansia

Lifestyle
| Kamis, 28 Maret 2024, 08:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement