Advertisement

Mengunjungi Pohon Cengkih Berusia 400 Tahun di Ternate

newswire
Minggu, 16 September 2018 - 18:35 WIB
Maya Herawati
Mengunjungi Pohon Cengkih Berusia 400 Tahun di Ternate Pohon Cengkih Afo di Ternate - ist/onweekend

Advertisement

Harianjogja.com, TERNATE—Ada dua pohon cengkih yang usianya sangat tua bahkan disebut sebagai yang tertua di dunia. Dua pohon cengkih ini lantas menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi.

Objek wisata Cengkih Afo di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) kian hari semakin diminati wisatawan, tercermin dari banyaknya wisatawan dari dalam dan luar negeri yang berkunjung ke objek wisata itu.

Advertisement

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Ternate, Samin Marsaoly di Ternate, belum lama ini mengatakan sesuai informasi dari pengelola objek wisata Cengkih Afo sampai awal September 2018 ini sudah lebih dari 10.000 wisatawan yang berkunjung ke sana.

Daya tarik utama objek wisata yang terletak di Keluharan Kelurahan Marikurubu, Kecamatan Ternate Tengah atau sekitar empat kilometer dari pusat kota Ternate itu adalah adanya cengkih tertua di dunia yakni berusia lebih dari 400 tahun yang dikenal dengan nama Cengkih Afo.

"Informasi mengenai keberadaan Cengkih Afo itu sudah menyebar luas di dalam dan luar negeri, sehingga banyak wisatawan yang tertarik datang ke Ternate karena ingin melihatnya secara langsung," katanya.

Daya tarik lainnya yang dimiliki objek wisata Cengkih Afo yang dikembangkan melalui pola pemberdayaan masyarakat adalah suasana Ternate pada massa lampau yang ditampilkan di objek wisata itu.

Fasilitas yang ada di objek wisata Cengkih Afo, menurut Samin Marsaoly semuanya dibangun menggunakan bahan lokal, khususnya bambu cina, yang merupakan jenis bambu khas daerah ini.

Kuliner Tradisional

Kuliner yang disajikan diobjek wisata itu, juga proses memasaknya dan menyajikan juga menggunakan peralatan tradisional, gelas untuk minuman dan piring untuk makan misalnya dari bahan tempurung seperti yang dipakai masyarakat Ternate zaman dulu.

Ia menambahkan, panorama di objek wisata Cengkih Afo yang berada di daerah ketinggian itu juga sangat indah, karena selain bisa melihat hamparan perkebunan cengkih dan pala, juga laut biru dan pulau-pulau sekitar Ternate, Pulau Tidore dan Pulau Halmahera.

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Cengkih Afo, setelah puas menikmati objek wisata itu dapat melanjutkan perjalanan melihat berbagai objek wisata lainnya di Ternate, seperti Kedaton Kesultanan Ternate, benteng peninggalan kolonial dan sejumlah objek wisata pantai, di antaranya Pantai Sulamadaha dan Danau Tolire.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Kotak Kejujuran, Cara Unik Penduduk Shetland Inggris dalam Berbisnis

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement