Mengunjungi Pohon Cengkih Berusia 400 Tahun di Ternate

Pohon Cengkih Afo di Ternate - ist/onweekend
16 September 2018 18:35 WIB newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, TERNATE—Ada dua pohon cengkih yang usianya sangat tua bahkan disebut sebagai yang tertua di dunia. Dua pohon cengkih ini lantas menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi.

Objek wisata Cengkih Afo di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) kian hari semakin diminati wisatawan, tercermin dari banyaknya wisatawan dari dalam dan luar negeri yang berkunjung ke objek wisata itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Ternate, Samin Marsaoly di Ternate, belum lama ini mengatakan sesuai informasi dari pengelola objek wisata Cengkih Afo sampai awal September 2018 ini sudah lebih dari 10.000 wisatawan yang berkunjung ke sana.

Daya tarik utama objek wisata yang terletak di Keluharan Kelurahan Marikurubu, Kecamatan Ternate Tengah atau sekitar empat kilometer dari pusat kota Ternate itu adalah adanya cengkih tertua di dunia yakni berusia lebih dari 400 tahun yang dikenal dengan nama Cengkih Afo.

"Informasi mengenai keberadaan Cengkih Afo itu sudah menyebar luas di dalam dan luar negeri, sehingga banyak wisatawan yang tertarik datang ke Ternate karena ingin melihatnya secara langsung," katanya.

Daya tarik lainnya yang dimiliki objek wisata Cengkih Afo yang dikembangkan melalui pola pemberdayaan masyarakat adalah suasana Ternate pada massa lampau yang ditampilkan di objek wisata itu.

Fasilitas yang ada di objek wisata Cengkih Afo, menurut Samin Marsaoly semuanya dibangun menggunakan bahan lokal, khususnya bambu cina, yang merupakan jenis bambu khas daerah ini.

Kuliner Tradisional

Kuliner yang disajikan diobjek wisata itu, juga proses memasaknya dan menyajikan juga menggunakan peralatan tradisional, gelas untuk minuman dan piring untuk makan misalnya dari bahan tempurung seperti yang dipakai masyarakat Ternate zaman dulu.

Ia menambahkan, panorama di objek wisata Cengkih Afo yang berada di daerah ketinggian itu juga sangat indah, karena selain bisa melihat hamparan perkebunan cengkih dan pala, juga laut biru dan pulau-pulau sekitar Ternate, Pulau Tidore dan Pulau Halmahera.

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Cengkih Afo, setelah puas menikmati objek wisata itu dapat melanjutkan perjalanan melihat berbagai objek wisata lainnya di Ternate, seperti Kedaton Kesultanan Ternate, benteng peninggalan kolonial dan sejumlah objek wisata pantai, di antaranya Pantai Sulamadaha dan Danau Tolire.

Sumber : Okezone