Advertisement

Berwisata ke Vietnam Jangan Lupa Beli Manisan Mut

newswire
Kamis, 29 November 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Berwisata ke Vietnam Jangan Lupa Beli Manisan Mut Mut, manisan Vietnam - ist/Noodlies

Advertisement

Harianjogja.com, HANOI—Jika kebetulan jalan-jalan ke Hanoi, Vietnam jangan lupa tentunya beli oleh-oleh. Satu di antaranya adalah Mut atau manisan buah dan sayur yang telah diawetkan. Manisan ini sering disantap saat musim dingin dan menjadi menu khas saat Tahun Baru Vietnam.

Mut atau manisan yang diawetkan terbuat dari segala jenis buah, mulai dari jeruk mandarin, pisang, apel, kelapa, kesemek, hingga sukun. Tak cuma buah, mut juga bisa dibuat dengan mengeringkan sayuran seperti kentang, wortel, dan labu. Begitu juga beberapa jenis bunga.

Advertisement

Manisan mut ini sering disajikan saat Tahun Baru Vietnam yang mengawali datangnya musim semi. Di luar itu, mut menjadi cemilan favorit di kala musim dingin. Mut sering dimakan bersama dengan teh panas untuk menghangatkan tubuh.

Dari sekian banyak jenis mut, yang paling terkenal adalah mut yang terbuat dari bunga persik. Mut bunga persik dibuat dengan cara membersihkan bunga, lalu dikupas, direndam dalam air gula dan dimasak hingga kering.

Selain dengan cara tradisional, mut juga dibuat dalam balutan berbagai macam selai seperti selai kacang. Buah dan sayuran yang dilapisi selai misalnya mangga, kumquat, lotus dan jahe.

Tak cuma menjadi makanan khas dan cemilan favorit, mut juga cocok dijadikan oleh-oleh. Salah satu sebabnya karena warna dan bentuknya yang memikat, berwarna -warni dan mengundang selera.

Mut banyak dijual di kawasan wisata Old Quarter di Hanoi, Vietnam. Tepatnya di jalan Hang Dieu dan Hang Duong. Disini ada banyak kios penjual mut bagi turis yang ingin membelinya sebagai oleh-oleh. Anda bisa membelinya per gram atau per kilo. Ada berbagai pilihan mut atau buah yang diawetkan seperti apel, jeruk, jeruk nipis, wortel, jahe, hingga labu lilin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement