Advertisement

Jangan Ragu Menabung untuk Berlibur, Ini Tips yang Bisa Anda Terapkan

newswire
Senin, 29 Oktober 2018 - 09:35 WIB
Maya Herawati
Jangan Ragu Menabung untuk Berlibur, Ini Tips yang Bisa Anda Terapkan ilustrasi liburan - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menyisihkan uang untuk berlibur tentu saja bukan hal yang mustahil. Anda yang tidak pernah melakukannya terlihat seperti memboroskan anggaran. Padahal tidak juga. Simak tips berikut ini:

Menyusun Prioritas Anggaran

Advertisement

Setiap orang punya gaya liburan yang berbeda-beda. Maka, kita mengenal istilah liburan ala koper yang identik untuk jenis liburan mewah dan liburan ala ransel untuk wisatawan yang mementingkan petualangan selama perjalanan.

Bila Anda adalah orang yang mengutamakan akomodasi dan transportasi yang nyaman selama berwisata, maka harus mengalokasikan 50% atau lebih dari keseluruhan dana untuk biaya tersebut. Sementara, bagi Anda yang mementingkan pengalaman dan kunjungan ke berbagai destinasi wisata, tidak perlu hotel mewah. Jadi, Anda bisa menekan biaya akomodasi di kota tujuan.

Menyisihkan Anggaran untuk Belanja

Para turis biasanya tertarik membeli cendera mata sebagai tanda pernah mengunjungi satu tempat wisata. Selain itu, wisatawan juga butuh belanja untuk oleh-oleh.

Maka itu, Anda mesti memperhitungkan pos belanja dalam rencana anggaran liburan. Anda bisa mengalokasikan sekitar 10 persen dana liburan untuk kebutuhan belanja.

Menyiapkan Dana Tak Terduga

Pada saat perjalanan liburan, Anda bisa saja mengalami kejadian tak terduga. Misalnya, jika ban mobil sewaan tiba-tiba bocor dan harus diganti dengan merogoh kocek pribadi.

Untuk itu, Anda bisa menyiapkan dana tak terduga sekitar 10% dari total anggaran liburan. Dana tak terduga akan menyelamatkan Anda dari situasi terdesak saat liburan.

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Sebenarnya, Anda tidak disarankan berhutang untuk kebutuhan liburan. Tetapi, terkadang kartu kredit bisa menjadi penyelamat kala butuh uang saat liburan. Anda bisa memasukkan “tambahan uang” dari kartu kredit dalam rencana aggaran liburan.

Tapi, Anda harus bijak dalam menggunakan kartu kredit. Rencanakan batasan penggunaan kartu kredit untuk liburan. Lalu, Anda harus disiplin dengan hanya menggunakan kartu kredit di tempat-tempat yang memberikan promo khusus. Anda juga bisa menggunakan kartu kredit sebagai dana tak terduga jika kehabisan uang tunai di tempat tertentu.

Dengan membuat rencana anggaran liburan yang baik, maka Anda tidak perlu tekor setelah pulang dari perjalanan wisata. Anda bisa menikmati waktu luang yang nyaman dan mendapatkan manfaat liburan dengan optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Sosialisasikan Program Kampung Hijau

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement