Berkunjung ke "Kampung" Harry Potter di London

Salah satu lokasi di London yang menjadi tujuan utama para penggemar Harry Potter adalah Platform 9 - Andhina Wulandari
12 Februari 2019 10:35 WIB Andhina Wulandari Wisata Share :

Harianjogja.com, LONDON-Siapa yang tidak tahu Harry Potter. Tokoh fantasi rekaan penulis Joanne Kathleen Rowling ini telah dikenal di seantero dunia, baik lewat seri novel maupun adaptasinya ke layar lebar.

Meski cerita dalam film dan bukunya sudah tamat, para penggemarnya masih tetap loyal. Bahkan di Inggris, negara asal J.K. Rowling, banyak sekali atraksi bertemakan Harry Potter untuk memanjakan para turis yang juga merupakan penggemar tokoh tersebut.

Jika berkesempatan pergi berjalan-jalan ke London, Inggris, maka Anda pun berkesempatan untuk menelusuri tempat-tempat yang menginspirasi kisah Harry Potter, atau tempat yang menjadi lokasi pengambilan film Harry Potter.

Menembus Tembok Platform 9 3/4

Salah satu lokasi di London yang menjadi tujuan utama para penggemar Harry Potter tentu saja Platform 9 ¾. Dalam buku Harry Potter diceritakan bahwa Harry dan kawan-kawannya sesama murid di Sekolah Sihir Hogwarts harus melalui Platform 9 ¾ untuk bisa menuju ke kereta yang akan membawa mereka ke Hogwarts.

Cara masuknya pun cukup unik, karena mereka harus berlari menembus dinding bata yang ada di Stasiun King’s Cross, London.

Stasiun King’s Cross sendiri merupakan salah satu stasiun kereta terpenting di pusat Kota London. Sejak kepopuleran Harry Potter, akhirnya muncullah ide untuk membuat Platform 9 ¾ di stasiun tersebut supaya para penggemar Harry Potter dari seluruh dunia bisa merasakan pengalaman serupa.

Makanya jangan heran ketika sampai di sana Anda dihadapkan pada antrean mengular, bahkan panjangnya sampai keluar dari stasiun tersebut. Rata-rata waktu mengantre sekitar 2 jam, namun sebenarnya ada waktu-waktu tertentu di mana antrean tidak terlalu panjang. Jika tidak suka mengantre, coba saja datang saat pagi hari, sebelum pukul 9 pagi, atau malam hari sebelum toko tutup, yaitu sekitar pukul 9 malam.

Setelah sampai giliran Anda untuk berfoto bersama troli dan tumpukan koper, Anda cukup bergaya dengan menggunakan syal ala murid Hogwarts dan foto akan diambil oleh fotografer profesional. Namun demikian, Anda tetap bisa memilih apakah ingin membeli foto tersebut atau Anda cukup puas jika berfoto dengan ponsel pribadi. Jika Anda ingin membeli foto yang diambil oleh fotografer, harga untuk dua lembar foto sebesar 15 poundsterling.

Tak hanya bisa bergaya ala Harry Potter, karena di sini juga ada toko merchandise Harry Potter yang bisa Anda kunjungi. Berbagai barang seperti kaus, syal, tas, aksesori, hingga tongkat sihir dan cokelat kodok seperti yang ada dalam buku Harry Potter juga bisa Anda temukan.

Ide membangun toko tersebut sebenarnya datang dari Warwick Davis, aktor yang memerankan tokoh Profesor Flitwick dalam film Harry Potter, untuk makin memanjakan para penggemar Harry Potter yang datang.

Tur Gratis di Sekeliling London

Selain berfoto di Platform 9 ¾, masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk merasakan pengalaman seperti Harry Potter. Salah satunya adalah dengan menggunakan jasa Free Tour (tur gratis). Tur ini memang sedikit berbeda, karena biayanya gratis, meski saat di akhir tur Anda tetap bisa bebas memberikan uang jika puas dengan pelayanan selama tur berlangsung.

Dengan tur gratis Harry Potter ini, Anda akan diajak berjalan-jalan keliling beberapa tempat di Kota London yang menginspirasi kisah Harry Potter. Ada beberapa operator tur yang menawarkan tur gratis seperti ini, Anda cukup mencari informasinya melalui internet untuk menentukan mana yang Anda suka.

Biasanya tur ini akan mengunjungi beberapa lokasi, seperti Trafalgar Square (lokasi premier film final Harry Potter), Cecil Court (yang dalam film Harry Potter dikenal sebagai Diagon Alley), Millenium Bridge (lokasi di mana Harry Potter diserang Death Eaters), Piccadilly Circus (lokasi syuting film Harry Potter and The Deathly Hallows), dan Leadenhall Market (tempat yang digunakan sebagai pintu masuk ke dalam Leaky Cauldron). Bagi Anda penggemar Harry Potter, nama-nama tersebut tentu sudah tidak asing lagi.

Meski gratis, Anda tetap harus membuat reservasi untuk mengikuti tur tersebut karena tempat yang terbatas. Tur biasanya berlangsung selama sekitar 2,5 jam, sehingga Anda masih sempat untuk pergi berjalan-jalan ke tempat-tempat lainnya di London.

Studio Warner Bros Harry Potter

Jika tur gratis tidak memuaskan Anda, maka satu lagi tempat yang wajib Anda kunjungi sebagai penggemar Harry Potter, yaitu Studio Warner Bros yang letaknya di luar Kota London. Untuk bisa masuk ke dalam studio tersebut, Anda harus melakukan reservasi secara online dan membayar tiket dengan kisaran harga 35 hingga 43 poundsterling. Reservasi biasanya dilakukan dua bulan sebelumnya, karena tur di dalam studio ini biasanya selalu penuh.

Di sini, Anda bisa benar-benar masuk ke dalam dunia Harry Potter. Tak hanya melihat ruangan-ruangan yang dijadikan lokasi syuting dan berbagai properti, Anda pun bisa melihat aneka kostum yang digunakan para bintang film Harry Potter sekaligus melihat bagaimana efek visual dalam film tersebut diciptakan. (k15)

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia