Mengulik Sejarah Sentra Industri Sepatu Cibaduyut

Para pekerja tengah mengerjakan sepatu di sentra industri kecil sepatu Cibaduyut, Bandung, Jawa Barat. - Bisnis Indonesia/Rachman
10 Juni 2019 18:47 WIB Bhekti Suryani Wisata Share :

Harianjogja.com, BANDUNG- Mendengar kata Cibaduyut, Bandung, tentu hal pertama yang muncul di benak kita adalah sentra industri kerajinan sepatunya. Bahkan presiden Joko Widodo dan wakil presiden Jusuf Kalla pun memakai sepatu buatan Cibaduyut, Bandung.

Kepopuleran sentra industri sepatu Cibaduyut memang telah tersebar di mana-mana. Bahkan Cibaduyut pernah menjadi pasar penjualan kerajinan sepatu terbesar di dunia. Selain masa keemasan, ternyata Cibaduyut juga pernah mengalami masa keterpurukan. Namun tahukah kamu bagaimana asal-usul sejarah Cibaduyut menjadi sentra kerajinan sepatu? Berikut merupakan sejarah dari Cibaduyut.

Sejarah Sentra Sepatu Cibaduyut

Sejarah terbentuknya sentra industri kerajinan sepatu Cibaduyut dimulai pada sekitar 1920-an. Pada saat itu, sebagian besar warga daerah Cibaduyut memiliki pekerjaan yang hampir sama yaitu menjadi pekerja pada sebuah pabrik sepatu di kota Bandung.

Setelah keluar dari pabrik dengan berbekal pengalaman dan pengetahuan yang cukup sederhana tentang pembuatan sepatu, maka beberapa warga mulai merintis dan membangun usaha pembuatan alas kaki sederhana. Hasil pembuatan alas kaki ini dijual ke sekitar lingkungan rumah.

Pekerjanya pun hanya memanfaatkan tenaga anggota keluarga. Namun semakin lama usaha pembuatan alas kaki sederhana ini, mulai berkembang pesat.
Semakin berkembangnya usaha kerajinan sepatu menyebabkan pesanan sepatu semakin meningkat dan pekerja-pekerja pun mulai kewalahan memenuhi pesanan.

Sehingga untuk memenuhi permintaan pelanggan, mereka merekrut tetangga sekitar untuk menjadi karyawan. Inilah awal mula keterampilan membuat sepatu menyebar di lingkungan masyarakat Cibaduyut.

Pada 1940 total pengrajin sepatu yang ada di Cibaduyut sebanyak 89 orang. Perkembangan kerajinan sepatu ini begitu hebat. Hanya dalam kurun waktu sepuluh tahun, unit kerajinan sepatu berkembang menjadi 250 unit. Banyaknya unit kerajinan sepatu di Cibaduyut ini, menyebabkan Cibaduyut menjadi sentra industri kerajinan sepatu terbesar di Bandung.

Perkembangan kerajinan sepatu yang pesat ini, dikarenakan kualitas bahan yang digunakan dan sepatu yang dihasilkan sangat baik. Selain itu model dari sepatu yang dibuat sangat cocok dan sesuai dengan selera pembeli.

Cibaduyut pernah dikenal sebagai pasar penjualan industri kerajinan sepatu terpanjang di dunia. Hal ini dikarenakan banyaknya industri kerajinan kayu di Cibaduyut membuat banyak penjual sepatu di pasar kerajinan dan berderet memanjang. Selain itu, pada 1989 Pemerintah Republik Indonesia pun menetapkan dan meresmikan Cibaduyut sebagai daerah tujuan wisata. Semenjak itu eksistensi sentra industri kerajinan sepatu semakin meroket.

Masa Keterpurukan dan Bangkitnya Sentra Industri Cibaduyut

Perkembangan Cibaduyut yang sangat pesat, ternyata tak bertahan selamanya. Ketika krisis moneter menimpa Indonesia, masa kejayaan kerajinan sepatu Cibaduyut turut meredup. Keterpurukan sentra industri kerajinan sepatu Cibaduyut terus berlanjut, sampai memasuki era milenium.

Eksistensi kerajinan sepatu Cibaduyut terus merosot, apalagi dengan banyaknya sepatu impor yang masuk ke dalam negeri dan berkurangnya pamor penggunaan produk dalam negeri. Kurangnya minat penggunaan produk-produk dalam negeri kala itu menyebabkan banyak produk dalam negeri mengalami keterpurukan. Begitu pula dengan kerajinan sepatu Cibaduyut yang terus menurun dari tahun ke tahun.

Namun rupanya keterpurukan sentra kerajinan sepatu Cibaduyut tak berlangsung lama. Berkat kegigihan dan usaha yang tak pernah berhenti serta tekad kuat untuk mempertahankan warisan leluhur, maka sedikit demi sedikit eksistensi kerajinan sepatu Cibaduyut mulai kembali bersinar. Sehingga Cibaduyut kembali menjadi sentra industri kerajinan sepatu yang terkenal.

Saat ini setiap libur sekolah maupun libur panjang kawasan kerajinan sepatu Cibaduyut kembali dilirik dan menjadi tujuan wisata belanja ketika berlibur ke Bandung atau bagi siapa saja yang sedang mencari sepatu.

Bagaimana? Tertarik untuk berlibur ke daerah Bandung dan mampir ke sentra industri kerajinan sepatu Cibaduyut? Jika iya, jangan ragu-ragu langsung pesan tiket ke Bandung sekarang juga.

Selain Cibaduyut masih banyak kok, tempat wisata yang sangat cocok untuk liburan di Bandung. Jika tidak mau repot ke stasiun terminal, maupun bandara untuk membeli tiket, buka handphone saja dan masuk ke laman traveloka untuk membeli tiket perjalanan ke Bandung.

Selain tiket perjalanan dan paket wisata di traveloka kita juga bisa memesan paket beauty and spa, gym dan lain sebagainya.