Dibandingkan ke China dan Korsel, Solo Traveler Lebih Suka Berwisata ke Indonesia

Ilustrasi - Julemag
23 Juli 2019 10:57 WIB Rayful Mudassir Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Solo traveler atau melakukan perjalanan wisata seorang diri merupakan salah satu gaya hidup baru di dunia. Lantas apakah Indonesia cocok menjadi lokasi bagi para solo traveler atau pelancong tunggal?

Menurut Studi Tujuan Perjalanan Visa, jumlah orang yang bepergian seorang diri bahkan naik dua kali lipat antara 2013 hingga 2015.

Pemeringkatan Best Countries to Travel Alone diambil dari survey berbasis persepsi global dan peringkat negara berdasarkan skor dari kompilasi atribut negara.

Beberapa poin yang menjadi penilaian tersebut yaitu aspek budaya yang dapat diakses, memberi kebahagiaan bagi si pelancong, rasa aman, hingga wisata penuh pemandangan indah.

Lima negara teratas adalah Spanyol, Italia, Selandia Baru, Yunani dan Australia. Kelima negara tersebut dipandang cocok bagi solo traveler untuk berlibur. Kelima negara ini dianggap memiliki identitas khas di masing-masing negara.

Sementara itu, Indonesia berada di posisi 41 dari 80 negara terbaik untuk bepergian sendiri. Posisi ini menempatkan Indonesia berada di bawah beberapa negara Asia Tenggara. Yaitu Thailand di peringkat 9, Singapura peringkat 21, Filiphina peringkat 33 serta Malaysia di urutan 38.

Pun begitu negara Asia Tenggara cukup unggul dibandingkan dengan negara lain seperti India (42), Mesir (46), Korea Selatan (52), China (53) serta Uni Emirat Arab yang duduk di peringkat 64.

Di sisi lain, studi Visa menyebut para pelancong tunggal cenderung memiliki serangkaian opsi lokasi tujuan selama berwisata sendirian. Mereka dapat mengubah berbagai opsi tujuan secara dadakan sesuka hati.

Kondisi ini berbeda dengan pelancong kelompok yang menentuan tujuan mana yang akan ditempuh sejak awal.

Sumber : Bisnis.com