Menikmati Kopi Suroloyo di Kedai Setjangkir

Suasana kedai Kopi Setjangkir, Kecamatan Wates, Kulonprogo, Kamis (18/7/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
27 Juli 2019 20:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Wisata Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Menikmati secangkir kopi sekarang sudah menjadi bagian dari gaya hidup kaum urban di Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Kulonprogo. Jangan heran jika di setiap sudut kabupaten paling barat di DIY, itu kini mulai menjamur kedai-kedai yang khusus menyediakan sajian kopi.

Dari puluhan kedai, salah satu yang tersohor yakni Kedai Kopi Setjangkir. Berlokasi di jalan Bhayangkara no 2, eks Dusun Terbah, Kelurahan Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo, kedai ini selalu ramai dikunjungi para penikmat kafein.

Sejak buka pada siang hari hingga menjelang tutup selepas tengah malam, belasan bangku di kedai tersebut kerap kali jadi saksi bisu pertemuan para insan. Tak sekadar sebagai tempat bersantai dan berkumpul bersama sahabat, Setjangkir juga menjadi titik temu bagi kolega kerja untuk rapat bisnis.

Putri, 23, misalnya. Perempuan asal Purworejo, Jawa Tengah ini kerap datang ke Kedai Setjangkir hanya untuk menyesap secangkir kopi hangat bersama kawan-kawannya. "Kalau pas main ke Kulonprogo saya sering mampir ke sini, lumayan lah untuk melepas penat," ujarnya kepada Harianjogja.com, belum lama ini.

Putri mengungkapkan yang membuat Kedai Setjangkir berbeda dari kedai lainnya, karena di sini menyajikan beragam kopi lokal. Mulai dari jenis arabika maupun robusta, semua biji kopi yang diolah menjadi segelas minuman hangat merupakan hasil panenan petani kopi Nusantara. Salah satunya adalah biji Kopi Suroloyo.

Salah satu peracik kopi di Kedai Setjangkir Fandi Ahmad Fauzi mengungkapkan hidangan kopi asli Kulonprogo ini menjadi yang paling diburu pelanggan. Ada berbagai alasan yang membuat orang menyukai kopi ini, salah satunya rasa yang unik.

"Karena rasa dan aroma dari biji kopi ini berubah-ubah sesuai dengaj jenis tanaman yang tumbuh di dekatnya, bahkan pernah rasa kopi ini bercampur aroma stroberi," ujarnya.

Biji Kopi Suroloyo sendiri hanya bisa ditemukan di Kawasan obyek wisata Suroloyo, Pedukuhan Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Di tempat inilah para petani kopi Suroloyo memproduksi biji kopi tersebut.