Cerita Mistis Benteng Vredeburg Jogja, Serdadu Tanpa Kepala Hingga Noni Belanda Berkaki Kuda

Museum Vredeburg, Selasa (3/4/2018). (Harian Jogja - Salsabila Annisa Azmi)
12 September 2019 22:37 WIB Newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Benteng Vredeburg yang ada di jantung Kota Jogja kerap dikaitkan dengan cerita mistis.

Tak bisa disangkal, gedung-gedung peninggalan penjajahan Belanda itu luar biasa kerennya. Tapi, bangunan tua peninggalan masa kolonial Belanda di Indonesia beberapa memiliki cerita mistis. Misalnya Benteng Vredeburg yang menjadi salah satu wisata mistis di Yogyakarta.

Pasti kamu sudah tidak asing dengan museum ini. Kali ini, Mister Aladin akan mengajak kamu menelusuri wisata mistis Benteng Vredeburg.

Bangunan peninggalan masa kolonial Belanda ini katanya menyimpang segudang cerita mistis yang membuat bulu kuduk merinding. Hmm, kamu punya nyali wisata mistis ke sini?

Wisata Mistis di Benteng Vredeburg yang Terkenal Angker Tapi Penuh Sejarah

Dikutip dari Mister Aladin, Benteng Vredeburg yang awalnya bernama Rustenburg merupakan benteng peninggalan Belanda terbesar di Yogyakarta. Benteng ini terletak di ujung Jalan Malioboro atau titik nol kilometer dari Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Jenderal A. Yani No. 6, lokasinya cukup dekat dengan Kraton Kasultanan Yogyakarta. Strategis banget dan dekat pusat kota.

Benteng Belanda

Walaupun letaknya di tengah-tengah keramaian kota, sisi mistis dari benteng peninggalan Belanda ini masih kental terasa. Banyak cerita-cerita mistis yang beredar di sekitar benteng yang mulai didirikan pada tahun 1767-1788 tersebut. Karenanya, benteng ini menjadi salah satu wisata mistis di Yogyakarta.

Museum Benteng Vredeburg Simpan Banyak Cerita Mistis Legendaris

Berbicara keangkeran museum ini, mungkin sudah banyak yang tahu beberapa cerita mistis dari mulut ke mulut. Konon, di benteng tua ini sering ada penampakan hantu yang nggak bisa dicerna dengan akal sehat.

Seperti penampakan seorang noni-noni Belanda yang berkaki kuda. Kejadiannya ini pernah dialami oleh seorang tukang becak saat tengah malam. Ia sedang mengayuh becaknya dengan perlahan, kemudian ia melihat sesosok wanita cantik dengan gaun panjang dari arah gerbang benteng.

Tukang becak tersebut nawarin untuk naik becaknya, mungkin sang tukang becak kasian mungkin ya, melihat perempuan berdiri sendiri, tengah malam pula. Lalu tukang becak tersebut kaget ketika gaun perempuan tersebut disibakkan dan melihat kalau kaki perempuan tadi mirip kaki kuda. Hii, serem banget deh! Kebayang kan, gimana kalau kamu yang jadi tukang becaknya?

Tidak cuma sampai di situ, ada cerita yang lebih seram. Kadang-kadang di sekitar Benteng Vredeburg muncul suara aneh seperti derap kaki serdadu yang berseragam kompeni zaman dahulu.

Pasukan itu muncul tanpa kepala. Anehnya lagi, yang melihat penampakan dan mendengarkan hal-hal yang tidak masuk akal itu hanya dirinya sendiri!

Gimana masih berani mampir ke Museum Benteng Vredeburg tidak? Tapi jangan langsung takut dulu, di luar cerita misterinya, sejarah yang tersimpan di museum ini layak disimak dan dipelajari. Kenapa? Agar kita semua sebagai generasi muda nggak melupakan sejarah.

Sumber : Okezone.com