Advertisement

Tanam Klengkeng untuk Pengembangan Agrowisata di Wijimulyo

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 11 September 2019 - 08:17 WIB
Sunartono
Tanam Klengkeng untuk Pengembangan Agrowisata di Wijimulyo Ilustrasi menanam pohon - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Dinas Pertanian dan Pangan Kulonpogo berharap keberadaan buah kelengkeng yang ditanam di sekitar Jogja Agro Techno Park (JATP), Desa Wijimulyo, Kecamatan Nanggulan bisa mendukung desa tersebut menjadi kawasan Agrowisata. Sehingga dampak perekonomian tak hanya dirasakan pengelola JATP saja, tapi juga seluruh masyarakat Desa Wijimulyo.

"Memang kami harapkan adanya tanaman ini bisa mendukung wilayah tersebut menjadi kawasan agrowisata, mampu menyediakan buah bagi para pengunjung dan tentunya dapat memberikan nilai tambah bagi petani setempat," kata Kepala Distanpangan Kulonpogo, Aris Nugraha, Selasa (10/9/2019).

Advertisement

Aris menerangkan buah klengkeng di Wijimulyo sudah ada sejak 2017 silam. Jumlahnya mencapai 1.250 tanaman. Saat ini pengembangan tanaman tersebut selain dari warga dan Distanpangan, juga bekerjasama dengan CSR dan Jasa Marga. Pengembangan dilakukan karena kini Desa Wijimulyo tepatnya di JATP banyak dikunjungi masyarakat.

Asisten Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Setda Kulonprogo Bambang Tri Budi mengatakan pembangunan JATP di Wijimulyo berperan penting untuk sektor pertanian karena bisa mendongkrak perekonomian daerah khususnya kesejahteraan petani.

Dia menerangkan, JATP merupakan bagian dalam pemberdayaan petani karena merupakan bagian yang terintegrasi dalam pembangunan nasional. Tempat ini juga merupakan aspek penting dari kemandirian ekonomi dan pemerataan pembangunan yang berkeadilan, pemberdayaan gabungan kelompok tani (gapoktan) dan merupakan kebijakan yang pro kemiskinan, pro pertumbuhan dan pro pekerjaan.

Adanya JATP lanjutnya untuk membangun pusat penerapan teknologi di bidang pertanian meliputi prapanen hingga pascapanen. "Setelah itu pemasaran hasil yang diterapkan untuk ekonomi dan pembangunan pusat diseminasi teknologi dan tempat advonasi pertanian, serta menerapkan sistem pertanian modern yang mencerminkan industri pertanian juga tersedia," kata Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantuan Keuangan Politik Disalurkan Dua Tahap

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Makna dan Sejarah Telur Paskah, Simbol Kebangkitan Yesus Kristus

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement