Advertisement

Libur Akhir Tahun, Kebun Teh Tritis dan Kalibiru Kulonprogo Sediakan Angkutan untuk Wisatawan

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 15 November 2019 - 06:17 WIB
Nina Atmasari
 Libur Akhir Tahun, Kebun Teh Tritis dan Kalibiru Kulonprogo Sediakan Angkutan untuk Wisatawan Wisatawan menikmati pemandangan alam di objek wisata Kalibiru, Kulonprogo - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Menyambut masa liburan dalam rangka Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kepala Dinas Perhubungan Kulonprogo L. Bowo Pristiyanto mengaku sudah mempersiapkan beberapa hal. Di antaranya pengecekan pelayanan angkutan wisata dan antisipasi lalu lintas.

Bowo memastikan angkutan lokal untuk wisatawan yang akan berlibur ke Kulonprogo sudah siap melayani. Pihaknya mengklaim sudah melakukan pengecekan kondisi kendaraan.

Advertisement

"Secara berkala, terutama tiap mau liburan Lebaran dan Nataru [Natal & Tahun Baru], kami selalu cek angkutan wisata," kata Bowo pada Harianjogja.com ketika ditemui di ruangannya, Rabu (13/11/2019).

Diakuinya belum semua lokasi wisata memiliki angkutan wisata. Sejauh ini, menurutnya, baru dua lokasi wisata yang menyediakan angkutan wisata yang bekerjasama dengan perusahaan angkutan, yaitu Kebun Teh Tritis, Kecamatan Samigaluh dan Wisata Alam Kalibiru, Kecamatan Kokap. "Arah wisata ke sana ada layanan sewa shuttle dan jip," kata dia.

Dijelaskannya, wisatawan yang menggunakan bus dan akan ke Tritis bisa memarkirkan busnya di Pasar Plono Samigaluh kemudian menggunakan layanan shuttle untuk naik ke kawasan kebun teh, karena jalan aksesnya tidak muat untuk dilewati bus wisata.

Sementara, untuk wisata ke arah Kalibiru dan Pulepayung, disediakan jip yang bisa disewa untuk mengarungi medan yang terjal.

Ia juga sudah bekerjasama dengan Polres Kulonprogo dan Pokdarwis untuk mengatur lalu lintas pengunjung di sekitar kawasan wisata. Dijelaskannya kemacetan di Kulonprogo temporer dan masih bisa dikondisikan.

"Kemacetan di Kulonprogo itu tidak mesti, cuma di tempat tertentu dan biasanya saat Lebaran serta Tahun Baru. Jadi kami tempatkan Pokdarwis dan polisi untuk bisa mengatur kepadatan itu," kata Bowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Awas Migrain Terkait Erat dengan Meningkatnya Risiko Stroke

Lifestyle
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement