Libur Nataru, Ada Festival Gunungan di Candi Prambanan

Pembukaan Festival Gunungan di Lapangan Garuda, Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, Senin (23/12/2019). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
24 Desember 2019 13:17 WIB Abdul Hamied Razak Wisata Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Taman Wisata Candi Prambanan Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menggelar Festival Gunungan di Lapangan Garuda Kompleks Candi Prambanan sejak Senin (23/12/2019) hingga Selasa (31/12/2019).

Festival ini menampilkan berbagai kesenian tradisional dari berbagai daerah, pagelaran seni budaya, pameran serta workshop yang bisa diikuti oleh wisatawan. Perhelatan untuk mengakhiri tahun 2019 dan menyambut Tahun Baru 2020 ini dihadiri puluhan ribu orang setiap harinya.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Hetty Herawati mengatakan festival digelar untuk menghadirkan suasana dan pengalaman baru kepada wisatawan selama menikmati suasana Candi Prambanan.

"Candi Prambanan sebagai latar beragam aktivitas seni budaya bisa menjadi sarana edukasi budaya sekaligus atraksi yang menarik bagi wisatawan," katanya, di sela-sela pembukaan Festival Gunungan di Lapangan Garuda, Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, Senin kemarin.

Penggagas Festival Gunungan Heru Mataya mengatakan festival ini merupakan wujud pelestarian tradisi dan pertunjukan tradisional yang dikemas dalam berbagai kesenian. Filosofi Gunungan, kata Heru, dalam pewayangan menjadi simbol babak akhir untuk memulai babak baru.

"Festival Gunungan ini diharapkan menjadi pengiring untuk babak baru di tahun yang baru pula. Makanya digelar menjelang pergantian tahun," ujarnya.

General Manager PT TWC Unit Candi Prambanan, Aryono Hendro Malyanto mengatakanvberbagai atraksi seru dan aktivitas baru selama festival disuguhkan bagi wisatawan. Dengan banyaknya aktivitas baru seperti Taman Analana dan Festival Gunungan ini, diharapkan dapat memberikan kepuasan bagi pengunjung.

"Kami berharap target kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan sebanyak 280.000 orang bisa tercapai. Tahun lalu target kami 250.000 pengunjung,'' imbuhnya.