Advertisement

Hotel Pandanaran Mendadak Heboh dengan Pagelaran Specta Seni Budaya Prawirotaman

Media Digital
Rabu, 18 Maret 2020 - 04:17 WIB
Nina Atmasari
Hotel Pandanaran Mendadak Heboh dengan Pagelaran Specta Seni Budaya Prawirotaman Kegiatan Specta Seni Budaya Prawirotaman. - Ist/Dok Hotel Pandanaran Prawirotaman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Ratusan orang memadati Jalan Prawirotaman tepatnya di Hotel Pandanaran di Jln. Prawirotaman no. 38 Brontokusuman pada Sabtu (14/03/2020) dan Minggu (15/03/2020).

Kawasan yang dikenal dengan kampung bule ini menjadi heboh dan ramai oleh pengunjung domestik maupun asing. Keberadaan mereka untuk menghadiri Specta Seni Budaya Prawirotaman yang merupakan serangkaian kegiatan tahunan Festival Prawirotaman dalam agenda Jogja Heboh 2020.

Advertisement

Bagi Hotel Pandanaran Prawirotaman ini adalah kali ketiga pagelaran seni yang berpusat di halaman hotel. Tahun 2020 ini, acara justru semakin meriah dengan disediakannya dua panggung acara untuk penampilan seni dan budaya dari pagi hingga malam hari.

Kesenian yang ditampilkan mulai dari reog kendang, jathilan, wayang cakruk, dan beragam tari-tarian tradisional lainnya. Kegiatan ini didukung penuh oleh Dinas Sosial Provinsi dan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Adapun pembukaan kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. Dalam pidato singkatnya, ia menyampaikan bahwa salah satu daya tarik Jogja adalah wisata dan budaya yang ada di dalamnya.

"Harapannya, Kota Jogja dapat terus menjadi destinasi wisata yang aman dan nyaman untuk para pengunjung domestik maupun asing," katanya, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (17/3/2020).

Sedangkan pada Minggu malam, kegiatan masih berlanjut dengan penyuluhan sosial bertajuk Restorasi Sosial yang diisi oleh tiga narasumber diantaranya Prof Manu J Widiyasaputra, seorang Guru Besar UGM, Kolonel CZI Dedy Rusdianto dari Kementerian Pertahanan serta turut hadir KH Imam Sudarno.

Dalam penyuluhan tersebut ada pesan yang dapat diambil, yakni Indonesia harus maju tanpa meninggalkan budaya Indonesia, Jogja harus maju tanpa meninggalkan Budaya Jawa. Kita harus mencintai tanah air kita, dengan budaya-budaya daerah yang kuat, maka kita akan menjadi bangsa yang kuat.

Dengan diiringi musik dari Genk Cobra Band, obrolan ringan dan hangat dari narasumber sekaligus menjadi penutup acara Specta Seni Budaya Prawirotaman yang telah berlangsung selama dua hari.

Public Relation Hotel Pandanaran, Afida mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan Kota dan Dinas Sosial Provinsi yang telah memilih Hotel Pandanaran sebagai tempat utama digelarnya kegiatan tahunan ini.

"Kami juga berharap melalui pagelaran Specta Seni Budaya Prawirotaman akan dapat terus menarik minat para wisatawan untuk selalu datang ke kawasan Prawirotaman ketika berkunjung ke Jogja," katanya.

Dalam pagelaran ini pengunjung semakin dimanjakan dengan hadirnya bazar makanan dan kerajinan khas kota Jogja di sepanjang jalan Prawirotaman tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Rabu 24 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Resep Jangan Ndeso Lombok Ijo Khas Gunungkidul yang Nikmat untuk Disantap

Lifestyle
| Senin, 22 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement